Senin 09 Mar 2015 02:45 WIB

Jalur Pendakian Merapi Siap Dibuka

Gunung Merapi
Foto: AP
Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Taman Nasional Gunung Merapi segera membuka kembali jalur pendakian Gunung Merapi melalui Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, setelah penanaman ratusan bibit pohon di lereng Merapi selesai.

"Kemungkinan jalur pendakian siap kembali dibuka pada 16 Maret, setelah selesai penanaman bibit tanaman," kata Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNGM Asep Nia Kurnia, Ahad (8/3).

Menurut dia, setelah dibuka kembali, para pendaki diimbau untuk menjaga lingkungan sepanjang jalur pendakian dan tidak merusak bibit pohon yang ditanam.

"Utamanya, para pendaki tidak lagi meninggalkan sampah baik di sepanjang jalur maupun di pos akhir Pasar Bubrah, dan selalu menjaga alam atau ekosistem yang ada," katanya.

Ia mengatakan, program pengembalian ekosistem yang dilakukannya di jalur pendakian sudah selesai. Wisatawan atau pengunjung dapat kembali menikmati alam dengan melakukan pendakian di jalur yang telah ada.

"Pengunjung atau pendaki harus mematuhi peraturan yang ada. Selalu lapor dan koordinasi dengan petugas pos, memantau setiap perkembangan cuaca, dan melakukan persiapan fisik," kata dia menegaskan.

Jalur pendakian Gunung Merapi melalui Selo, Boyolali sejak 16 Februari ditutup sementara karena untuk mengembalikan ekosistem yang ada. TNGM telah menanam sekitar 250 bibit tanaman Puspa serta Bambu di sepanjang jalur pendakian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement