Senin 02 Mar 2015 16:16 WIB

Gaet Wisatawan, Walikota Mataram Dorong Pembangunan Pelabuhan Pariwisata

Rep: C75/ Red: Winda Destiana Putri
Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh.
Foto: Antara
Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Walikota Mataram, Ahyar Abduh mendorong pembangunan pelabuhan khusus pariwisata di lingkungan Mapak, Ampenan. Dimana, pelabuhan tersebut akan menghubungkan Pulau Lombok dengan Kabupaten Karang Asem, Bali.

"Kemarin saat pertemuan walikota dan presiden, saya menyampaikan ke presiden diantaranya pelabuhan khusus pariwisata di Ampenan, dilingkungan Mapak. Pelabuhan yang akan menghubungkan Lombok dengan Kabupaten Karang Asem," ujarnya di pendopo Kota Mataram, Senin (2/3).

Menurutnya, dirinya bersama Bupati Karang Asem sudah menyampaikan rencana pembangunan tersebut kepada presiden dan menteri yang terkait. Dimana, pembangunan pelabuhan tersebut membutuhkan anggaran sebesar Rp 2 triliun.

Selain itu, dituturkan pula olehnya keinginan membangun jalan di sepanjang pinggir pantai Ampenan. "Mudahan-mudahan apa yang menjadi rencana kedepan atas dukungan pusat bisa direalisasikan dalam waktu mendatang," ungkapnya.

Ahyar menambahkan meski sumberdaya di Kota Mataram minim. Namun, peningkatan PAD cukup signifikan dari tahun ke tahun yang bersumber dari jasa perdagangan, perhotelan, transportasi termasuk pendapatan dari PBB.

Menurutnya, peningkatan PAD secara signifikan bisa terlihat dari perkembangan APBD. Dimana, sejak tahun 2010, total anggaran APBD yang hanya Rp 500 milliar, saat ini mencapai Rp 1,1 triliun. Termasuk, PAD tahun 2010 yang hanya mencapai Rp 42,5 Miliar, pada tahun 2011 mencapai Rp 50 Miliar.

"Dalam RPJMD yang disepakati kita targetkan PAD mencapai Rp 100 Miliar tetapi sekarang sudah mencapai Rp 190 Miliar. Kenaikannya cukup signifikan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement