Senin 02 Mar 2015 17:13 WIB
Tahun Baru Imlek

Ribuan Warga Palembang Padati Festival Cap Gomeh

Perayaan Cap Gomeh
Foto: Antara
Perayaan Cap Gomeh

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ribuan warga Palembang, Sumatera Selatan termasuk dari luar kota ikut memadati acara Festival Imlek Cap Gomeh Sriwijaya di Dempo Lapangan Hatta Palembang, 2-4 Maret 2015.

Ribuan warga Palembang yang datang dari luar kota ramai-ramai memadati lokasi Festival Imlek Cap Gomeh di kawasan Dempo Lapangan Hatta Palembang yang dibuka oleh Direktur Promosi Dalam Negeri Kementerian Pariwisata, Tazbir yang didampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

"Festival Imlek Cap Gomeh Sriwijaya itu dalam rangka memperkenalkan destinasi wisata di Sumatera Selatan yang kental dengan perpaduan kebudayaan etnik Tionghoa," kata Tazbir di Palembang, Ahad (1/3) malam.

Warga yang hadir pada acara itu antusias menyaksikan atraksi yang ditampilkan oleh para prajurit Kodam II/Sriwijaya memperlihatkan kepiawaiannya memainkan barongsai, serta beberapa kesenian yang turut memadukan budaya Palembang dan Tionghoa hingga 4 Maret 2015.

Festival tersebut diisi dengan aneka budaya kesenian bahkan kuliner yang diikuti oleh 160 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumatera Selatan.

Festival tersebut merupakan ajang promosi pariwisata Kota Palembang yang bertepatan dengan perayaan Cap Gomeh, karena biasanya banyak warga dari luar kota merayakannya terpusat di Pulau Kemaro Palembang.

Menurut Tazbir, cap gomeh ini dikhususkan dalam rangka perayaan Imlek untuk mengungkap aset-aset budaya masyarakat di Kota Palembang. "Banyak sekali budaya yang dimiliki seperti kaligraphi, kuliner dan lainnya," katanya menambahkan.

Bahkan, festival tersebut selain memperkenalkan budaya maupun kesenian Palembang yang cukup kental dengan sentuhan etnik Tionghoa, juga merupakan bagian dari pelestarian peninggalan sejarah sebagai penunjang pariwisata lokal yang layak untuk ditampilkan dan dikenal oleh masyarakat luas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement