Selasa 03 Mar 2015 00:33 WIB

Naga Batik Yogya Pecahkan Rekor MURI

Rep: Yulianingsih / Red: Dwi Murdaningsih
Tarian Barongsay memeriahkan acara peringatan Tahun Baru Imlek Nasional di Jakarta, Selasa (19/2).  (Republika/Aditya Pradana Putra)
Tarian Barongsay memeriahkan acara peringatan Tahun Baru Imlek Nasional di Jakarta, Selasa (19/2). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Naga motif batik khas Yogyakarta berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Naga Terpanjang di Indonesia bahkan di dunia. Naga batik ini memiliki panjang 159 meter ini dimainkan dalam Jogja Dragon Festival (JDF) 2015 di Titik Nol Yogyakarta, Ahad (1/3) malam.

Motif batik tradisional dengan teknik tulis ada di kepala dan ekor naga tersebut. Naga batik terpanjang ini dimainkan sekitar 250 personil TNI AU dalam JDF di Yogyakarta. 

"Ini merupakan rekor terpanjang bahkan rekor dunia di Indonesia dengan panjang 159 meter," ujar Manajer MURI Paulus Pangka saat penyerahan rekor MURI pada naga motif batik tersebut.

Naga batik terpanjang ini tercatat di MURI untuk rekor ke 6849. Rekor ini mengalahkan rekor serupa yang dipecahkan di Semarang. 

 

JDF sendiri merupakan bagian dari Pekan Budaya Thionghoa Yogyakarta (PBTY) 2015. PBTY di gelar dari 1-5 Maret 2015 di Kampung Ketandan yang merupakan Kampung Pecinan di Malioboro Yogyakarta.  PBTY sendiri merupakan puncak peringatan Imlek atau tahun baru China di Yogyakarta.

Menurut Ketua PBTY, Trikirana Muslidatun, naga batik ini  dibuat dengan 200 meter kain batik printing dan tulis untuk kepalanya.

Tongkat penopang naga sendiri terbuat dari besi. "Karena berat dan panjang, Naga ini dimainkan oleh TNI AU," ujarnya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement