Jumat 27 Feb 2015 08:31 WIB

Mendisiplinkan Anak Usia 3 Tahun

Anak balita sedang bermain boneka (ilustrasi).
Foto: Republika/M Syakir
Anak balita sedang bermain boneka (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Saat anak Anda berusia lebih dari tiga tahun mereka ingin lebih bebas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ini merupakan hal yang normal dalam proses tumbuh kembangnya.

Salah satu tantangan terbesar orang tua adalah mengajarkan mereka untuk berperilaku dengan cara yang benar. Bagaimanapun anak-anak perlu diajarkan etika. Tapi jangan sampai saat Anda mengajarkan etika, antusias anak berkurang karena Anda terlalu banyak melarang.

Di bawah ini ada beberapa cara untuk mendisiplinkan anak usia di atas 3 tahun, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Aturan konsisten

Anda harus membuat aturan yang konsisten bagi anak. Tanggapi perilaku buruk atau agresif anak  dengan cara yang sama. Jika mereka mengenali pola, mereka akan tahu apa yang akan mereka dapatkan saat berperilaku buruk.        

Waktu sendiri

Berikan anak waktu menyendiri. Hal ini akan membantu mereka merasa tenang.        

Metode positif

Gunakan metode yang positif saat mendisiplinkan anak. Beri mereka hadiah saat berkelakukan baik. Beri mereka hukuman atau katakan ‘tidak’ untuk mencegah tindakan negatif.        

Berkata lembut

Jangan berteriak atau memaki anak. Berkatalah dengan lembut untuk memberitahu mereka apa yang tidak Anda sukai dan apa yang Anda inginkan dari mereka.        

Ingatkan

Beri mereka pengingat. Anak-anak belum bisa berpikir panjang dan mudah teralihkan. Jika anak Anda bertingkah, ingatkan mereka tentang hal yang sama berka-kali (seperti 'jika kamu berkelahi di sekolah, ibu akan mengurung di rumah dan Anda tidak diizinkan menonton TV lagi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement