Kamis 26 Feb 2015 15:10 WIB

Lokomotif Pertama Buatan Putra Indonesia Dipamerkan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dwi Murdaningsih
Museum Benteng Vredeburg
Foto: Antara
Museum Benteng Vredeburg

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Lokomotif pertama buatan putra Indonesia yang diproduksi oleh Balai Yasa PT KAI (Kereta Api Indonesia) di Yogyakarta akan dipajang di Halaman Depan sisi utara Benteng Vredeburg Yogyakarta.  

"Lokomotif buatan tahun 1960-an ini diberi nama Bimokunthing," kata Kepala Dinas Kebudayaan Umar Priyono pada ROL.

Menurut Umar, Bimo Kunthi merupakan maestro lokomotif pertama yang dibuat putra Indonesia.  "Ini merupakan contoh representasi lokomotif pertama buatan putra Indo dan merupakan contoh learning process bagi pengunjung museum sehingga bisa menginspirasi mereka," tuturnya.  

Alasan diletakkannya lokomotif Bimo Kunthi di halaman depan Benteng Vredeburg, kata Umar, karena di samping posisinya dekat titik nol kilometer yang  biasa dipadati wisaawan dan  dikunjungi mahasiswa dan pelajar, juga berada di depan persis Gedung Agung.  Sehingga  Semangatnya kalau ada upacara di Gedung Agung, peserta upacara  bisa melihat. "Hal  ini penting bagi DIY dibuat di Balai Yasa. Seperti museum kapal Surabaya yang juga dibuat oleh putra Indonesia,’’ujarnya. 

 

Seksi Museum Benteng Vredeburg Gunawan mengatakan lokomotif tersebut merupakan koleksi PT KAI yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY, sedangkan Benteng Vredeburg hanya ketempatan saja.  

"Yang membawa ke Benteng Vredeburg dan melakukan penataan dari Dinas Kebudayaan dan PT KAI," kata Gunawan, Kamis (26/2). Sekarang kondisi Bimokunthing dalam keadaan tertutup. 

Setelah dilakukan penataan dan diperkirakan pertengahan Maret selesai, baru diresmikan dan bisa dilihat oleh pengunjung Benteng Vredeburg.Dengan adanya lokomotif tersebut, Gunawan menambahkan, diharapkan bisa menarik pengunjung Benteng Vredeburg lebih banyak.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement