Rabu 25 Feb 2015 10:57 WIB

Keindahan NTB Kian Memikat Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Pantai Senggigi, Lombok, salah satu andalan pariwisata NTB.
Foto: n4nk.blogspot.com
Pantai Senggigi, Lombok, salah satu andalan pariwisata NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak dideklarasikannya Visit Sumbawa 2009 lalu, kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara (Wisman) ke Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin meningkat.

Kepala Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi NTB Gita Aryadi mengatakan, keindahan NTB tampaknya memang semakin memikat dunia. Untuk negara asal Wisman kata dia tentu beragam namun saat ini lebih banyak dari Eropa dan Australia.

"Yang paling dekat itu Eropa dan Australia sangat booming mengunjungi NTB akhir-akhir ini," ujar Gita di Jakarta, belum lama ini.

Kendati demikian, Gita menerangkan baik wisatawan domestik maupun mancanegara adalah sama pentingnya. Wisatawan domestik yang juga merupakan aset tidak kalah berdampak positif pada perkembangan pariwisata NTB.

"Kita ini mau wisatawan domestik atau wisman yang penting adalah mereka suka mengunjungi NTB, mengeluarkan isi dompet mereka," ujar Gita sambil terkekeh.

Adapun, konsep pariwisata NTB saat ini tambah Gita tetap mengandalkan puluhan pantai yang dimiliki provinsi kepulauan tersebut. Namun NTB juga tetap mempromosikan beragam destinasi wisata miliknya mulai dari pantai, pulau, air terjun, gunung, candi dan sebagainya.

Pulau yang diunggulkan NTB ini tidak lain adalah Lombok dan Sumbawa yang paling tersohor. Di mana di dalamnya juga terdapat banyak pantai indah seperti pantai Lakey, pantai Senggigi, pantai Kuta Mandalika, pantai Sekongkang, pantai Tangsi Pink.

Aneka destinasi yang dapat ditemukan lainnya juga seperti air terjun A'i Beling, air terjun Tiu Kelep, pulau Satonda, Pulau Moyo, Kenawa, Gili Nanggu, Taman Narmada, Candi Lingsar dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement