Selasa 24 Feb 2015 08:28 WIB

Lewat Kasih Sayang Anak Bisa Tumbuh dengan Kepribadian Baik Ini

Rep: CR05/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anaknya.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu dan anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda merupakan orang tua yang menginginkan kelak sang anak memiliki kepribadian penuh perasaan, maka awalilah dengan membangun kedekatan dengannya. Dilansir dari Livescience, Selasa (24/2), kasih sayang yang tulus dari orang tua akan berdampak baik bagi psikologis anak sampai ia dewasa.

Jika seorang anak telah merasa dekat dengan orang tua, itu akan mencegah anak berbuat buruk. Menurut penelitian, kasih sayang hangat yang melekat pada hubungan orang tua dan anak penting terlebih bagi anak perempuan.

Kedekatan seorang Ibu dengan anak usia remaja 14 tahun misalnya, bahkan disebut akan berpengaruh pada sikap anak di kemudian hari. Anak nanti akan tumbuh menjadi sosok penyayang dan romantis.

Karena itu orang tua direkomendasikan untuk selalu berkasih sayang pada anak. Sebab lewat kasih sayang anak akan tumbuh dengan sifat mendasar yang bagus. Kasih sayang juga dinilai mempu menjadikan pemberani dalam menghadapi tantangan.

Anak yang kaya kasih sayang akan memiliki perasaan yang dalam dan mudah tersentuh oleh peristiwa tertentu. Anak akan berpegang pada nilai-nilai kebaikan dan memiliki empati kemanusiaan yang tinggi terhadap orang lain.

Kepribadian berbanding lurus dengan tingkat kebahagiaan. Karena itu, kasih sayang orang tua tentu akan membuat anak bahagia.

Ini hanya contoh, misalnya saat anak dirundung masalah lalu Anda datang membesarkan hatinya. Ketahuilah itu akan membuat anak sangat bahagia dan tak terlupakan baginya. Kabar baiknya, Anda juga akan dipandang sebagai orang tua teladan di mata anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement