Jumat 20 Feb 2015 19:43 WIB
Tahun Baru Imlek

Imlek, Petak Sembilan Ramai Dikunjungi Wisman

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Aneka pernak-pernik Imlek dijajakan oleh pedagang di Kawasan Petak Sembilan, Jakarta, Ahad (25/1). (Republika/ Wihdan).
Foto: Republika/ Wihdan
Aneka pernak-pernik Imlek dijajakan oleh pedagang di Kawasan Petak Sembilan, Jakarta, Ahad (25/1). (Republika/ Wihdan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Kepala Pengurus Vihara Dharma Bakti Henky Halim, Vihara di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat itu tidak hanya telah dikenal warga Indonesia tetapi mancanegara.

Hal itu bisa dilihat dari pengunjung yang datang silih berganti sejak melakukan ritual penyambutan Imlek.

"Sejak Rabu siang lalu sudah terlihat dari India, beberapa dari Eropa dan pengunjung dari negara lain, saya pikir sudah biasa," ujar Henky di Petak Sembilan, Jakarta Barat belum lama ini.

Dari tahun ke tahun, kawasan tersebut memang semakin dikenal luas tak hanya di dalam negeri. Adapun pengunjung dari nusantara juga tidak hanya berasal dari Jakarta tetapi juga warga berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Beberapa negara yang paling dikenal dengan perayaan Imlek seperti Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam dan Jepang. Sementara di daratan Cina seperti Hongkong, Makau, Taiwan, Singapura, Malaysia, Filiphina, Thailand termasuk Indonesia.

Di negara lain yang juga memiliki populasi suku Han, perayaan tahun baru Imlek telah menjadi tradisi tradisional. Imlek juga termasuk perayaan peradaban terutama di kawasan Asia Timur.

"Sejauh ini situasi aman. Baik pengunjung asal Indonesia maupun mancanegara tidak masalah. Kita berharap tidak ada pihak saling mengganggu," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement