Jumat 20 Feb 2015 15:19 WIB

Lava Bantal, Obyek Wisata Baru di Sleman yang Akan Dikembangkan

Rep: C67/ Red: Winda Destiana Putri
Objek wisata Lava Bantal
Foto: Jogja.co
Objek wisata Lava Bantal

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kecamatan Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengembangkan Lava Bantal sebagai obyek wisata alam baru.

Rencana pengembangan wisata Lava Bantal tersebut merupakan satu dari sembilan obyek wisata yang akan dikembangkan oleh Pemda DIY.

Hal tersebut dikatakan, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Berbah, Setiharno, saat ini rencana pengembangan lava bantal yang tepatnya berada di Sumberkidul, Kalitirto itu sudah dalam tahap pembahasan oleh Pemda DIY.

"Penelitian juga sudah dilakukan terutama tentang batu yang berasal dari lava Gunung Merapi itu," ujarnya, di lokasi Lava Bantal, Kamis (19/2).

Dia menjelaskan, Lava Bantal sendiri merupakan bebatuan yang berasal dari lava Merapi. Lava tersebut kemudian membeku dan berbentuk batu. Batu ini diketahui merupakan batu Merapi purba tertua yang berumur jutaan tahun yang lalu. Namun, mengenai jenis muatan yang terkandung dalam batu tersebut sampai saat ini belum diketahui.

Lava Bantal sendiri, berada di Sungai Kaliopak di Sumberkidul, Kalitirto yang berada di pinggir Sungai dengan panjang sekitar 500 meter. Di atas sungai, terdapat jembatan kuno peninggalan Belanda yang direncanakan akan direhabilitasi karena kondisinya yang memperihatinkan.

"Tapi semuanya Pemda DIY yang mengurus berkolaborasi dengan pengembang," tambahnya.

Lava bantal, dalam perencanaanya akan dikolaborasikan dengan taman alam yang akan dibangun di atasnya, tepat di sisi kiri sungai. Kemudian, diujung wisata Lava Bantal akan dibangun embung. Tujuannya, untuk membuat wisata outbound dan penghijauan.

Dengan Lava Bantal yang berkolaborasi dengan taman alam dan outbound maka, wisata tersebut secara otomatif akan menjadi aset tiga desa yaitu Tegaltirto, Jogotirto, dan Kalitirto. Pasalnya, ketiga obyek wisata tersebut masing-masing terletak di tiga desa tersebut.

Meskipun saat ini masih dalam pembahasan oleh Pemda DIY dan pengembang namun, setiap hari sudah banyak pengunjung terutama pada musim libur yang bisa mencapai ratusan orang. Dia mengharapkan, dengan adanya wisata tersebut bisa memberikan manfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat Berbah.

Dian, salah seorang pengunjung mengaku, Lava Bantal memiliki pemandangan yang bagus. Bebatuan yang bersumber dari lava Merapi cukup menarik yang berjejer di pinggir sungai.

"Alamnya bagus, untuk prewedding sangat cocok," katanya.

Hanya saja, Dian mengharapkan agar jembatan kuno tersebut diperbaiki. Sebab, kondisinya sudah memperihatinkan dan membahayakan. Saat itu, Dian datang bersama teman-temannya. Dian mengabadikan tempat tersebut dengan berfoto di jembatan kuno itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement