Rabu 18 Feb 2015 05:46 WIB
Tahun Baru Imlek

Perayaan Imlek di Sydney Berlangsung Hingga Maret

Rep: C07/ Red: Winda Destiana Putri
Tentara Terracota yang menjadi salah satu andalan dalam Festival Tahun Baru Imlek di Sydney tahun ini.
Foto: ABC News
Tentara Terracota yang menjadi salah satu andalan dalam Festival Tahun Baru Imlek di Sydney tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Dalam menyambut perayaan Tahun Baru Imlek, Kota Sydney menggelar Chinese New Year Festival selama dua minggu hingga awal Maret mendatang.

Seperti dikutip dari ABCNews, Rabu (18/2) festival ini akan menjadi salah satu perayaan tahun baru imlek terbesar di dunia. Festival tersebut sudah dimulai sejak (13/2) sampai (1/3) akan datang. Festival digelar di sejumlah pusat keramaian Kota Sydney.

Adapun yang menjadikan perayaan tahun kambing ini spektakuler adanya pameran Pasukan Terracotta. Dimana ada 90 tentara Cina setinggi 2,1 meter dengan dihiasi lentera warna-warni, yang persis seperti Tentara Terracotta yang jumlahnya lebih dari delapan ribu, dekat makam Qin Shi Huang, kaisar pertama Dinasti Qin.

Selain itu, hadir pula parade yang menampilkan budaya Cina pada Ahad (22/2) mendatang yang dimulai dari Sydney Town Hall menuju Cinatown dengan pertunjukkan kembang api di Cockle Bay Darling Harbour.

Hadir pula penampilan barongsai, tarian naga dan singa yang digelar pada jam-jam tertentu di sejumlah jalanan Sydney, seperti Dixon Street, George Street, Pitt Street, dan Ultimo Road.

Sejumlah pameran pun bisa dinikmati dalam festival Tahun Baru Imlek tersebut, seperti pameran Terracotta Warriors di Dawes Point, yang digelar sampai (22/2). Ada juga pameran patung Buddha setingga lima meter yang menjadi pemandangan di Carriageworks, Wilson St, Eveleigh.

Sementara itu bagi anak-anak, digelar sebuah pameran yang dibuat dengan inspirasi dari kebudayaan dan jenis-jenis binatang di Cina. Pameran ini digelar di Chinese Garden of Friendship, dekat Darling Harbour.

Tak ketinggalan bagi para pencinta kuliner, dalam perayaan ini juga menyajikan makanan-makanan khas Cina yang bisa dinikmati di Dixon Street, sampai (6/3) mendatang. Sebuah pasar khusus yang diberi nama Lunar Markets juga digelar hingga (22/2) di Prymont Bay Park.

Bagi Anda yang ingin mencoba sajian yang lebih tradisional lagi, Anda bisa menikmati sajian dim sum sambil belajar permainan mahjong di Mahjong Room, Crown Street. Perlu diketahui, selain warga Cina, Tahun Baru Imlek juga dirayakan warga Vietnam, Korea, Thailand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement