Selasa 17 Feb 2015 10:13 WIB

Tips Tidur Nyenyak untuk Perempuan

Tidur/ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Tidur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut National Sleep Foundation, dua pertiga perempuan di Amerika Serikat mengalami masalah tidur setidaknya satu kali dalam sepekan. Karena masalah tidur ini hanya terjadi pada perempuan, berikut ini ada 6 tips supaya tidur Anda lebih nyenyak dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Suasana sejuk

Tidurlah di kamar yang suhunya sudah diatur antara 15-20 derajat Celcius supaya tidur lebih nyenyak. Karena suhu tubuh perempuan lebih panas selama menstruasi dan dapat membuat tidur tidak nyaman, jadi pastikan suhu kamar tetap sejuk sepanjang malam.

Mandi air hangat

Rendam tubuh Anda dalam air hangat sebelum tidur. Jika suhu tubuh yang panas bertemu dengan suhu kamar sejuk, hal itu bisa menyebabkan kantuk.  Dijamin Anda akan bermimpi indah.

Konsisten waktu tidur

Tentu kita pernah tidur larut malam atau bangun lebih awal. Sangat penting untuk memertahankan jadwal tidur setiap hari. Ketika Anda tidur di waktu yang sama setiap malam tubuh Anda menjadi terbiasa dengan rutinitas tersebut dan secara alami akan mulai memersiapkan diri untuk tidur tanpa harus melakukan sesuatu.

Olahraga

Olahraga setiap hari sangat penting untuk kesehatan, dan tentunya membuat tidur lebih nyenyak. Olahraga juga penting untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat menstruasi. Tubuh yang aktif juga dapat dapat membantu meringankan gejala datang bulan. Sebaiknya tidak melakukan olahraga berat tepat sebelum tidur karena bisa mengganggu waktu tidur.

Buat suasana nyaman

Buatlah suasana tidur nyaman. Atur suhu ruangan, buatlah cahaya redup, dan kurangi kebisingan. Dengarkan suara-suara  menenangkan jika Anda mengalami kesulitan tidur. Jauhkan hewan peliharaan karena mereka cenderung membuat suasana berisik. Matikan televisi dan radio supaya Anda merasa damai dalam tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement