Ahad 15 Feb 2015 21:00 WIB

Film Asal Iran Ini Raih Penghargaan di Festival Film Berlin

Rep: c02/ Red: Satya Festiani
Solmaz Panahi, aktis dan anak perempuan dari Jafar Panahi, ketika menerima Golden Bear dari Darren Aronofsky.
Foto: rte.ie
Solmaz Panahi, aktis dan anak perempuan dari Jafar Panahi, ketika menerima Golden Bear dari Darren Aronofsky.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN – Jafar Panahi meraih  Golden Bear dalam film taxi 3 di Festival Berlin, Ahad (15/2). Saat penerimaan penghargaan Jafar Panahi tidak bisa hadir di Berlin untuk upacara penyerahaan golden Bear.

Panahi meminta keponakannya Hana Saeidi  untuk menerima penghargaan bergengsi di Berlin.  Saat upacara penyerahan penghargaan, Hana Saeidi terharu dan menangis.

“Saya tidak bisa mengatakan apapun lagi,” ujar Hana Saeidi saat menerima penghargaan di Festival Berlin, Ahad (15/2)

Dalm Film Taxi 3,  Jafar Panahi  berbagi pemikirannya tentang Tehran kontemporer. Saat itu, ia mengendarai  taksi kuning dengan kamera di Dashboard untuk mengindari pengawasan pemerintah Iran.  Film tersebut menjadi salah satu dari 19 film yang bersaing untuk penghargaan Golden Bear.

Juru dalam Festival Berlin  Darren Aronofsky mengatakan, keterbatasan sering menginspirasi pembuat film untuk mengerjakan yang lebih baik. Tapi, keterbatasan tersebut bisa mencekik dan merusak jiwa pembuat film.

Darren Aronofsky menilai Jafar Panahi tidak membiarkan semangat luntur dan menyerah dalam membuat film taxi 3. Namun, Panahi malah membuat  surat cinta ke bioskop dengan memenangkan Golden Bear.

“Filmnya Panahi penuh dengan cinta untuk seni, masyarakat, negara dan para penggemarnya,” ujar Darren Aronofsky, Ahad (15/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement