Selasa 10 Feb 2015 19:59 WIB

Purbalingga Resmikan 'Wana Tirta' Sebagai Wahana Wisata Baru

Sejumlah pengunjung menikmati wisata air terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Yogyakarta.
Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA
Sejumlah pengunjung menikmati wisata air terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Curug atau air terjun "Wana Tirta" di Desa Panusupan, Purbalingga, Jawa Tengah, secara resmi menjadi wahana wisata baru yang siap ditawarkan kepada wisatawan.

"Ini potensi yang baik untuk digarap agar bisa mendatangkan wisatawan," kata Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto saat meresmikan "Wana Tirta" sebagai wahana wisata baru di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Selasa.

Menurut dia, kemajuan desa wisata akan berdampak pada sisi ekonomi masyarakat. Jika wisatawan banyak yang berdatangan, kata dia, secara otomatis akan menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Wisatawan yang datang butuh makan, ingin membawa oleh-oleh suvenir dan ingin menikmati suasana desa. Jika menginap, maka butuh 'homestay'," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Purbalingga Subeno mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan pengembangan desa wisata agar benar-benar laku dijual dan menjadi daya tarik wisatawan.

Menurut dia, dukungan penuh itu diwujudkan dengan menempatkan tenaga fasilitator di empat desa wisata potensial, termasuk Desa Panusupan, Kecamatan Rembang.

"Fasilitator ini akan mendampingi pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan warga setempat dalam menyiapkan paket wisata serta melakukan pemasaran hingga siap menerima kunjungan wisatawan," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement