REPUBLIKA.CO.ID, Berlibur sama dengan melupakan sejenak pekerjaan dan menikmati suasana yang berbeda. Terkadang meninggalkan pekerjaan saat harus berlibur sulit dilakukan.
Laman Mental Floss, Selasa (10/2), membagi kiat agar Anda dapat berlibur tanpa harus memikirkan pekerjaan. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk memutuskan pekerjaan di waktu libur.
Lakukan semampu Anda di waktu selanjutnya
Jika terdapat email yang belum sempat Anda balas atau melepas rentetan pekerjaan Anda sebelum Anda berkemas. Jika tidak mampu melepasnya dalam pikiran saat perjalanan, maka harus Anda pikirkan siapa yang harus melakukan pekerjaan Anda itu di kantor.
Tidak membuka situs berkaitan dengan pekerjaan
Di hari dan masa liburan Anda, tidak menggunakan internet bisa melegakan liburan Anda. Cara ini membuat Anda tidak memikirkan pekerjaan. Jika Anda setiap pagi selalu membuka media sosial, untuk kali ini hindari dulu. Bukalah situs-situs yang tidak berkaitan dengan pekerjaan dan teman-teman kantor Anda.
Buat pesan pada kantor
Hindari membuka email Anda saat liburan. Carilah rekan atau pengganti anda yang mampu menggantikan pekerjaan Anda selama Anda berlibur.
Berikan penjelasan yang detail jika terjadi keadaan darurat
Pastikan rekan atau assisten Anda mampu menangani jika terjadi kondisi darurat saat Anda berlibur. Bila terdapat kondisi tersebut Anda tidak perlu repot untuk mengatasinya.
Simpan berkas-berkas perjalanan di suatu tempat
Jangan memeriksa email untuk sekadar melihat dokumen-dokumen yang Anda butuhkan saat berlibur. Siapkan tempat khusus di folder email bagi dokumen-dokumen tersebut. Agar, Anda tidak harus membuka email dan menemukan dokumen-dokumen yang memanggil untuk dikerjakan.
Atur nada silent di ponsel
Aturlah ponsel Anda dengan moda silent. Ini agar Anda tidak selalu terganggu dengan bunyi dari ponsel Anda, yang berkaitan dengan pekerjaan.