Senin 09 Feb 2015 16:29 WIB

Funtasy Island Batam, Taman Bermain Terbesar di Dunia

Salah satu sudut kota Batam, Kepulauan Riau.
Foto: DPD RI
Salah satu sudut kota Batam, Kepulauan Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM  --  Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Senin meninjau perkembangan pembangunan kawasan "Funtasy Island", yang akan menjadi eco-themed park terbesar di Indonesia dan dunia.

Arief  meninjau pembangunan kompleks floating villas, villa terapung yang dibangun di pesisir wilayah Funtasy Island dengan menyeberang lewat Pelabuhan Ferry Sekupang.

Arief mengatakan kawasan eco-themed park dan resort yang dibangun di sebelah barat Batam tersebut mempunyai potensi yang sangat besar untuk menarik kunjungan turis asing ke Indonesia, khususnya Provinsi Kepulauan Riau.

"Persaingan di pariwisata itu soal diferensiasi. Apa yang tak mereka (bangsa asing) punyai, kita semua punya mulai dari alam hingga budaya," kata Arief.

Pemilik dan pengembang kawasan Funtasy Island Ade Soehari mengatakan pihaknya yakin jika eco-park yang dia kembangkan akan bersaing dengan pariwisata di negara tetangga, seperti di Singapura dan Malaysia, yang terletak sama-sama di Selat Malaka.

"Kami mempunyai view (pemandangan) yang lebih bagus, kami punya hutan mangroove juga," kata Ade.

Kawasan Funtasy Island dibangun di atas gugusan tujuh atol seluas 200 hektar, jika digabung dengan wilayah laut seluas 630 hektare. Dari 200 hektar wilayah tanah, hanya 30 persen yang digunakan untuk pembangunan villa dan berbagai wahana rekreasi lainnya.

Saat ini sedang berlangsung pembangunan 700 villa di kawasan tersebut, 150 di antaranya dibangun di atas laut di sepanjang pesisir pulau, sedangkan 550 lainnya dibangun di dalam pulau. Pembangunan villa dijadwalkan akan rampung 30 persen pada Agustus 2015.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement