Ahad 08 Feb 2015 13:47 WIB

Tanya Jawab Seputar Prasekolah

Anak di PAUD.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Anak di PAUD.

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan rahasia jika memasukkan anak ke prasekolah akan menyiapkan dia untuk sukses di TK. Namun menurut penelitian, anak-anak yang mengikuti prasekolah berkualitas memiliki minat belajar yang tinggi.

Simak tanya jawab seputar prasekolah seperti yang dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Tanya (T): Apa bedanya preschool dengan day care?

Jawab (J): Prasekolah tidak dipertimbangkan sebagai pendidikan formal, jadi definisinya fleksibel. Namun prasekolah umumnya mengacu pada satu sampai tiga tahun sekolah sebelum masuk TK.

Tempat penitipan anak (day care) umumnya menyediakan pengasuhan bagi bayi dan anak-anak sampai usia 5 tahun. Dengan begitu, jika anak Anda berusia lebih dari 2-3 tahun dan ditempatkan dalam kelas penitipan anak dengan anak-anak prasekolah lainnya, serta memiliki guru yang mengikuti serangkaian kurikulum dengan ativitas belajar terstruktur, itu berbarti dia masuk prasekolah

(T): Apa yang akan dipelajari anak?

(J): Walaupun anak Anda akan melukis dan duduk di dalam lingkaran mendengarkan dongeng, dia juga akan berlatih berbagi, bekerjasama, menyelesaikan konflik, dan mandiri.

Kemampuan sosial dan emosional ini akan membantu anak menyiapkan diri untk masuk TK dan kehidupan secara umum. Menurut studi atas guru TK, 95 persen mengatakan bahwa anak-anak yang masuk prasekolah sudah lebih siap secara sosial dan akademis.

(T): Bagaimana menemukan prasekolah yang bagus?

(J): Lewat informasi dari mulut ke mulut atau mengobrol dengan teman-teman dan orang tua lain yang ada di sekitar Anda. Biasanya jika mendapat informasi dari mulut ke mulut Anda akan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan referensi yang menarik.

(T): Apakah harus membayar untuk prasekolah?

(J): Mungkin. Di Amerika Serikat, walaupun kebanyakan Negara bagiannya memiliki program prasekolah, tapi prasekolah yang ada tidak selalu terbuka untuk semua orang.

Di Indonesia prasekolah mungkin menyasar pada keluarga berpenghasilan rendah atau anak-anak yang mengalami keterbatasan. Jika harus bayar, biaya prasekolah biasanya jauh lebih murah dibandingkan sekolah swasta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement