Ahad 08 Feb 2015 08:39 WIB

Kapan Katakan Tidak pada Anak?

Orang tua harus mau mengatakan tidak pada beberapa keinginan anak.
Foto: grandparents.com
Orang tua harus mau mengatakan tidak pada beberapa keinginan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang harus belajar keahlian mengatakan 'tidak'. Saat anak mulai menjadi keras kepala untuk banyak hal, mungkin itu adalah saat yang tepat untuk mengatakan tidak.

Pastikan saat Anda mengatakan tidak, itu adalah hal terbaik bagi masa depan mereka. Cari tahu pada kesempatan apa saja Anda perlu mengatakan tidak kepada anak-anak, seperti dikutip www.parentsindonesia.com.

Saat minta makanan cepat saji

Jika anak terus meminta dibelikan makanan cepat saji, ini adalah waktu yang tepat untuk mengatakan tidak. Tapi mengatakan 'tidak' bakal tidak ada gunanya jika Anda tidak tegas.

Anda harus mengatakannya dengan tegas kemudian diikuti dengan membuat aturan ketat tentang makanan ini. Ketegasn perlu dilakukan supaya mereka paham bahwa makanan cepat saji tidak baik bagi kesehatan dan supaya anak Anda tidak terus meminta.

Saat tidak mau belajar

Jika anak Anda memiliki sifat keras kepala dan ingin terus bermain, maka Anda harus mengatakan tidak untuk keinginan tersebut. Terlalu banyak bermain hanya akan merugikan mereka dan akan berakhir dengan nilai yang rendah. Solusinya anda harus menumbuhkan budaya belajar dalam keluarga.  

Makanan manis dan coklat

Terlalu banyak makan makanan manis dan coklat bisa merusak gigi anak. Ini adalah kebiasaan yang tidak sehat dan harus dihilangkan sejak dini. Jika Anda ingin gigi tumbuh sehat segera ubah kebiasaan ini dengan memberi mereka makanan sehat sebagai gantinya.

Berkelahi dengan kakak atau adik

Dapatkah saudara kandung akur dan tidak berkelahi? Ini adalah sesuatu hal yang mustahil. Kadang anak-anak hanya ingin menang atas saudara kandungnya. Anda harus menghentikan ini dan mengatakan tidak bila diperlukan untuk memisahkan mereka.

Tidak mau sekolah

Siapa yang suka bangun pagi hari dan pergi ke sekolah? Tapi itu perlu dan harus dilakukan. Ketika anak Anda menjadi keras kepala dan tidak mau pergi sekolah serta mencoba membuat alasan segera katakan tidak kepada mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement