Sabtu 07 Feb 2015 12:55 WIB

Terapi Musik pada Anak Berkebutuhan Khusus, dapat Melatih Sistem Motorik

Musik pada anak
Foto: News
Musik pada anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musik memang ajaib. Tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak normal, American Music Therapy Association (AMTA) menyatakan bahwa musik bisa menjadi terapi efektif bagi anak-anak berkebutuhan khusus, seperti down syndrome, autisme, cerebal palsy, dan cedera otak.

Selaras dengan AMTA, Uttara Sharma, psikolog anak di Bangalore, India mengatakan bahwa terapi musik bertujuan membantu perilaku sosial anak-anak berkebutuhan khusus.

"Musik menurunkan perilaku sulit konsentrasi dan mendorong anak bekerja sama, hidup mandiri hingga memiliki keterampilan motorik halus dan kasar," katanya.

Inilah beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak berkebutuhan khusus dari terapi musik seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Melatih motorik

Anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kelemahan fisik. Salah satunya adalah jari-jarinya terlalu rekat dan sulit dilebarkan. Dengan bermain piano, anak-anak terlatih untuk membuka jarinya saat menekan tuts piano. Rupanya, kebiaaan itu membantu motorik anak, sepert buka tutup jari yang berguna untuk menunjuk sesuatu atau berhitung dengan jari. Selain itu, koordinasi tubuh anak juga akan terlatih karena mereka terbiasa memainkan melodi dengan tangan kanan dan kord dimainkan dengan tangan kiri yang memengaruhi kerja otaknya.

Membangun komunikasi

Bermain musik akan menghasilkan bunyi-bunyian, dan inilah yang menarik perhatian anak-anak spesial. Sebelum mengenal musik biasanya anak berkebutuhan khusus cenderung kurang peduli dengan lingkungannya. Namun begitu mereka diperdengarkan lagu-lagu, mereka mulai mendekat dan mencoba memainkannya dengan cara mereka. Inilah cara mereka berkomunikasi.

Meredam emosi

Emosi anak berkebutuhan khusus mudah bergolak, mulai dari tenang hingga marah yang meledak-ledak. Dengan memainkan lagu yang disukainya, banyak dari mereka merasa nyaman dan bahagia. Bahkan mereka lebih memilih memainkan musik untuk menyalurkan perasaannya.

Mengembangkan kognitif

Mengajarkan anak berkebutuhan khusus bermusik haruslah dengan cara khusus juga. Anak berkebutuhan khusus akan kesulitan memahami not balok, cobalah mengajarkan mereka menggunakan angka dan simbol. Tujuannya supaya anak terbiasa dengan angka sekaligus berimajinasi dengan simbol.

Meningkatkan percaya diri

Ketika anak berkebutuhan khusus berhasil memainkan beberapa lagu pendek dan tampil di depan umum, baik orangtua dan anak itu sendiri merasakan bahwa dia dihargai. Sebab orang lain merasakan betapa keras perjuangan anak-anak berkebutuhan khusus ini yang dengan segala keterbatasannya mampu memainkan lagu sebaik anak normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement