Sabtu 07 Feb 2015 06:55 WIB

Banyak Minum Air, Cegah Kerontokan Rambut

Rep: MGROL32/ Red: Winda Destiana Putri
Rambut rontok.
Foto: sheknows
Rambut rontok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak pria maupun wanita sering berurusan dengan rambut rontok yang menyebabkan rambut yang terus menipis, bahkan dapat menyebabkan kebotakan.

Hal ini disebabkan dengan pola makan yang tidak sehat, kurangnya vitamin, dan salah menggunakan produk untuk rambut.

Solusi untuk mencegah rambut rontok yakni dengan mengatur pola makan yang baik, karena makanan merupakan salah satu masalah yang menyebabkan kerontokkan pada rambut. Dilansir dari lewrockwell, Sabtu (7/2) berikut beberapa solusi mencegah rambut rontok.

Tingkatkan asupan protein

Protein mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan setiap sel tubuh dalam proses kekebalan tubuh, termasuk rambut. Protein bisa didapatkan dari mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian bagi Anda yang tidak memakan daging. Namun, jika Anda pemakan daging, konsumsilah dada ayam yang mengandung protein tanpa lemak.

Konsumsi vitamin B kompleks

Vitamin B memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Salah satunya vitamin B3, yakni bermanfaat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Sehingga, vitamin B kompleks dapat mewakili semua kebutuhan vitamin B dalam tubuh Anda.

Mengatur hormon

Banyak orang yang kehilangan rambut disebabkan dari ketidakseimbangan hormon. Jika Anda memiliki gejala hormonial, konsumsilah suplemen alami untuk regulasi hormon dan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon, seperti kacang-kacangan, daging merah, serta tiram.

Meningkatkan vitamin A

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A juga penting untuk kesehatan rambut, karena bekerja dengan lemak sintesis. Konsumsi makanan yang kaya vitamin A dalam sayuran, seperti wortel, kangkung, dan telur.

Minum air lebih

Saat tubuh kekurangan air, hal ini akan menghambat pertumbuhan jaringan dan kesehatan tubuh. Batang rambut pun sebagian besar terdiri dari air. Untuk itu, konsumsilah air minimal 2 liter perhari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement