Kamis 05 Feb 2015 16:40 WIB

Cara Membersihkan Gigi Si Kecil

Bayi baru tumbuh gigi.
Foto: easybabylife.com
Bayi baru tumbuh gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, Anak kecil membutuhkan perawatan gigi yang spesial. Ketika gigi anak sudah tumbuh sebanyak enam buah, Anda harus membiasakan dia sikat gigi. Membersihkan gigi si kecil sangat penting, tak peduli berapa usianya.

Seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com, berikut tips membersihkan gigi si kecil.

Lap

Ketika gigi bayi mulai tumbuh, Anda bisa membiasakan membersihkan gigi dengan lap basah. Membersihkan gigi bisa dilakukan sambil memandikan si kecil dan pastikan menggunakan kain lap yang bersih untuk membersihkan gigi. Caranya, bungkus jari Anda dengan handuk dan kemudian lap gigi bayi Anda.

Menyikat gigi

Sikat gigi adalah salah satu cara terbaik membersihkan gigi bayi. Ketika gigi si kecil tumbuh, Anda dapat membeli sikat gigi dan pasta gigi khusus anak-anak. Ketika membeli keperluan untuk gigi si kecil perhatikan usianya. Produk yang Anda beli harus sesuai dengan usia anak. Disarankan juga membeli pasta gigi yang tidak mengandung fluoride.

Pilih Warna

Balita suka bermain dengan benda-benda yang berwarna cerah. Tarik perhatian si kecil dengan memilih sikat gigi yang berwarna menarik. Hal ini akan mendorong si kecil untuk main-main dengan sikat gigi.

Membuat sikat gigi kebiasaan

Ketika anak-anak dibiasakan menyikat gigi, mereka tidak akan menangis setiap pagi ketika sikat dan pasta gigi diberikan kepada mereka.

Air hangat

Anda juga dapat memberikan air hangat untuk si kecil. Air hangat dapat membunuh semua bakteri di dalam mulut. Jika anak Anda tidak makan makanan lengket akan mudah dibersihkan dengan air hangat. Sebaiknya tidak menambahkan garam karena dapat merusak gigi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement