Selasa 03 Feb 2015 16:54 WIB

April, NTB Hajatan Besar dengan 'Tambora Menyapa Dunia'

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Gunung Tambora di Sumbawa
Foto: Istimewa
Gunung Tambora di Sumbawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak satu tahun lalu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengangkat 'Tambora Menyapa Dunia' untuk tema pariwisatanya.

NTB menggelar rangkaian wisata dengan tema tersebut untuk memeringati 200 tahun meletusnya gunung Tambora.

Pada 11 April mendatang, merupakan tanggal di mana gunung Tambora meletus 1815 lalu. Oleh karenanya puncak rangkaian wisata itu akan diperingati tepat di tanggal tersebut.

"April nanti pokoknya hajatan besar dengan 'Tambora Menyapa Dunia' ini. Akan ada banyak tur wisata, parade, kolosal, penampilan tarian raisaida atau lari tunggang langgang dan banyak lagi," ujar Ketua Harian Dekranas Provinsi NTB Gita Aryadi di Jakarta, belum lama ini.

Gita menjelaskan, rangkaian pagelaran Tambora Menyapa Dunia ini merupakan peringatan peristiwa geologi dan vulkanologi di NTB. Hajatan besar ini merupakan bentuk mengenang kembali peristiwa bersejarah tersebut.

Sebelumnya hari meletusnya Tambora juga diperingati sebagai hari ulang tahun Kabupaten Dompu di NTB. Gita menjamin, puncak rangkaian yang baru pertama kali digelar itu nantinya akan sangat meriah.

"NTB sudah semakin dikenal, terlebih saat dipromosikan bersandingan dengan Bali, kita akan memanfaatkan momentum," kata dia.

Adapun puncak rangkaian 'Tambora Menyapa Dunia' ini akan digelar di Pulau Sumbawa, salah satu destinasi favorit di NTB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement