Ahad 01 Feb 2015 11:57 WIB

Yuk, Kenali Semua Tentang Essential Oil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Essential oil lavender
Foto: Sheknows
Essential oil lavender

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Essential oil atau minyak atsiri menjadi bagian integral dari ritual kecantikan sepanjang zaman. Inilah mengapa essential oil masih relevan saat ini dan bagaimana mereka memberi efek sehat juga penyembuhan pada tubuh Anda.

Essential oil adalah cairan aromatik yang diekstrak dari tumbuhan dan ada ratusan jenisnya. Masing-masing komponen memiliki keunikan dan memiliki sifat penyembuhan berbeda. Lavender misalnya, ini berfungsi sebagai antibiotik dan antiseptik, juga regenerasi kulit.

"Jika Anda ingin efek terapi, maka perlu menggunakan essential oil," kata Aromaterapis, Michelle Beever, dilansir dari Body and Soul, Ahad (1/2).

Ada banyak cara menggunakan essential oil, seperti inhalasi dengan diffuser, kompres, membilaskannya ke tubuh, dan banyak juga perusahaan yang memasukkan unsur ini ke dalam produk mereka. Berikut beberapa cara menggunakan essential oil.

Kompres wajah

Ahli kecantikan Pat Princi Jones mengatakan mengompreskan essential oil ke wajah adalah cara paling sederhana. Anda bisa melakukannya untuk membersihkan wajah dengan rutin sebelum memoleskan pelembab. Untuk bahan kompres, Jones merekomendasikan Anda memilih tiga jenis essential oil tergantung pada jenis kulit. Tambahkan satu atau dua tetes masing-masingnya di baskom air hangat, aduk air untuk mencampurkan minyak, lalu bilaskan ke wajah Anda.

Body oil

Body oil sangat tepat jika Anda memiliki jenis kulit kering. Pilihlah minyak dasar, seperti jojoba, biji anggur, atau almond kemudian tempatkan di dalam botol. Tambahkan satu atau dua tetes essential oil untuk setiap produk yang mengandung minyak dasar tadi.

Bilas rambut

Tambahkan dua tetes essential oil ke dalam satu sendok makan sari apel misalnya. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam secangkir air hangat, baru membilaskannya ke rambut Anda sebagai bilasan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement