Ahad 01 Feb 2015 08:37 WIB

Zat ini Aman untuk Putihkan Gigi dalam 40 Menit

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
dokter estetika gigi Hilly Gayatri
Foto: ROL/Santi Sopia
dokter estetika gigi Hilly Gayatri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemutihan gigi dewasa ini semakin menjadi tren. Berbagai macam cara dilakukan untuk bisa mendapatkan gigi putih secara alami maupun melalui pemakaian zat tertentu.

Dokter estetika gigi Hilly Gayatri mengungkapkan, pemutihan gigi memang bisa dilakukan secara alami seperti mengonsumsi buah tertentu. Namun ada juga sebuah zat yang dapat memutihkan gigi secara instan.

Zat tersebut adalah silica yang juga biasa terkandung dalam odol atau pasta pemutih gigi. Ia menerangkan, bila zat silica ini terdapat pada pasta, maka efek gigi putih bisa dirasakan paling tidak dalam empat minggu ke depan.

"Sementara kalau memakai zat silica ini secara langsung bisa hanya sekitar 40 menit. Namun tentu efeknya terlihat jika kita juga kemudian belum memasukkan makanan lagi ke dalam mulut," ujar Hilly di bilangan Gatot Subroto, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan tidak perlu khawatir karena penggunaan zat tersebut sekaligus tidak berbahaya untuk gigi. "Kalau kita dengar kata instan biasanya identik dengan tidak aman, namun zat silica ini selain instan tapi juga aman, tidak berbahaya,"

Dijelaskan lebih lanjut, cara kerja silica yaitu zat ini tertinggal pada lapisan gigi ketika cairan alkohol menguap. Oleh karenanya, zat ini yang nantinya juga dapat senantiasa merawat gigi baik agar tetap putih maupun tidak berlubang.

Sementara bila ingin lebih maksimal lagi dalam memutihkan gigi, yaitu bisa dengan berkonsultasi pada dokter untuk dilakukan beberapa teknik tertentu. Selain silica juga umumnya digunakan para dokter untuk memutihkan gigi pasien, zat ini bisa dibeli oleh publik.

Adapun untuk mempertahankan gigi putih dalam jangka waktu lama sebetulnya juga menurutnya tidak butuh cara yang sulit atau rumit.

"Cukup sikat gigi dua kali sehari dengan pasta yang mengandung zat penutih gigi itu sudah bisa mempertahankan putih gigi dalam jangka panjang kok," ujar dia.

Sebagai informasi, gel silica merupakan butiran zat seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori. Siliza dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun namanya gel, silica adalah mineral alami yang dimurnikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement