Jumat 30 Jan 2015 17:01 WIB

Tips Aman Memijat Bayi

Pijat bayi
Foto: flickr
Pijat bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Memberikan pijatan kepada si kecil, selain memberikan kegiatan yang menyenangkan juga akan menyehatkan bayi. Sejak zaman dahulu, memijat merupakan bagian dari praktik perawatan anak. Memijat bayi secara teratur akan membuat tulang kuat dan membantunya tumbuh lebih cepat.

Mulailah sesi memijat kecil untuk membuatnya merasa lebih tenang. Lalu perlahan-lahan tingkatkan waktu pijat, seperti dilansir dari www.parentsindonesia.com.

Pilih minyak yang tepat

Minyak pijat tidak semuanya sama. Gunakanlah minyak alami untuk bayi Anda seperti minyak zaitun atau minyak mustard. Minyak bayi yang diproduksi secara komersial mungkin berisi mineral atau berbahan dasar minyak bumi yang tidak baik untuk kulit bayi.

Mulailah dari kaki

Kaki adalah bagian tubuh terbaik untuk mulai memiijat karena kaki kurang sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya. Usapkan tangan Anda dengan gerakan melingkar dari paha ke pergelangan kaki bayi. Gerakan ini akan membuat bayi merasa nyaman.

Pindah ke perut

Perut merupakan sumber rasa sakit karena sistem pencernaan si kecil belum sempurna dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna ASI. Pijatan pada perut dapat membantu menyingkirkan masalah pencernaan seperti gas dan sembelit.

Tekan titik-titik tertentu dengan lembut

Pijat dan tekan dengan lembut telapak kaki bayi Anda untuk merangsang sistem tubuh. Pijatan pada jari kaki dapat membantu mengatasi masalah pada gigi.

Pijat bagian belakang

Pijat merupakan kecanduan yang menarik bagi bayi karena si kecil bisa merasa rileks dan membuat tidur lebih nyenyak. Jadi, memijat bagian belakang si kecil dengan pijatan yang lambat dan berirama. Selamat mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement