Jumat 30 Jan 2015 15:59 WIB

Rencanakan Keuangan yang Baik dengan Pasangan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Rencanakan dengan matang resolusi keuangan Anda dan pasangan
Rencanakan dengan matang resolusi keuangan Anda dan pasangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain meningkatkan diskusi keuangan dengan pasangan, mulai menabung dan menyimpan uang lebih banyak serta membayar utang, masih ada beberapa resolusi keuangan yang harus dibuat oleh pasangan.

Dilansir dari Allwomenstalk, Jumat (30/1).

Buatlah anggaran

Menciptakan anggaran tampak seperti sebuah tugas membosankan. Tapi, jika Anda terus-menerus menghabiskan pengeluaran melebihi anggaran dan uang Anda habis dalam waktu singkat setiap bulan, anggaran atau rencana belanja dapat meringankan kedua permasalahan itu. Anggaran memungkinkan anda menilai apa yang akan dilakukan dan apa yang akan ditiadakan. Anda dapat memutuskan berapa banyak pengeluaran yang bisa dihabiskan di berbagai kategori. Ini akan menjamin Anda memperoleh cukup penghasilan untuk hal yang terpenting. Tanpa anggaran, Anda berisiko akan menghabiskan pengeluaran melebihi anggaran pada rekreasi, hiburan dan makanan. Sehingga Anda tidak memiliki cukup uang tunai untuk pembayaran kebutuhan atau rumah anda.

Buatlah rencana keuangan

Setiap orang membutuhkan rencana keuangan. Sebagai pasangan, duduklah bersama dan diskusikan tujuan keuangan jangka panjang dan jangka pendek bersama-sama. Kemudian, buatlah strategi untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Selain itu, juga jangan lupa buatlah janji dengan seorang perencana keuangan. Mereka secara professional akan memberikan sejumlah saran pada semua area keuangan Anda dari bagaimana membeli asuran jiwa sampai bagaimana cara membayar utang.

Jangan takut belanja

Menabung dan membayar utang sangat penting dan dapat meningkatkan keuangan pribadi Anda. Tapi diwaktu yang sama, jangan takut untuk membelanjakan dan sedikit bersenang-senang. Berikan diri Anda sedikit anggaran untuk belanja. Uang ini bisa Anda gunakan untuk berbagai tujuan misalnya belanja, manicure, dan lainnya untuk memanjakan diri. Nikmati beberapa kesenangan hidup dapat mengurangi risiko jenuh berhemat.

Meningkatkan keuangan Anda tidak bisa terjadi dalam semalam, juga tidak terjadi secara kebetulan. Duduk dengan pasangan anda, lakukan peninjauan kembali atas keuangan rumah tangga Anda dan muncul dengan rencana yang bekerja untuk Anda berdua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement