Jumat 30 Jan 2015 13:47 WIB

Ini Resolusi Keuangan yang Harus Dibuat Setiap Pasangan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pasangan perlu secara rutin membicarakan masalah keuangannya agar bisa mencapai tujuan keuangan keluarga.
Foto: siriusforextalk
Pasangan perlu secara rutin membicarakan masalah keuangannya agar bisa mencapai tujuan keuangan keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, Menikah tak berarti menggabungkan dua rekening dan menjalani kehidupan keuangan tanpa perencanaan. Karena itu wajar bagi setiap pasangan untuk memiliki resolusi keuangan.

Mencanangkan apa yang hendak menjadi resolusi keuangan bisa membantu mengurangi perselisihan antara suami dan istri mengenai uang. Pada dasarnya memang setiap pasangan akan memiliki pendapat yang berbeda tentang keuangan. Untuk menghindari selisih pendapat, pasangan bisa menyimak tips ini yang dilansir dari laman Allwomenstalk, Jumat (30/1).

Tingkatkan diskusi keuangan

Setiap pasangan haruslah saling terbuka dalam masalah keuangan terutama keuangan pribadi masing-masing pasangan. Ini merupakan salah satu dari beberapa resolusi keuangan yang harus dibuat setiap pasangan.

Beberapa orang tidak nyaman membahas keuangan. Mungkin mereka tumbuh besar di sebuah rumah yang menganggap uang merupakan subjek kata yang terlarang atau mungkin mereka malu tentang keuangan pribadi mereka.

Apapun alasannya ini penting bagi setiap pasangan untuk berbicara tentang utang, pendapatan dan tujuan keuangan. Cara ini bukan kejutan dan pasangan dapat bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan masalah keuangan didalam hubungan.

Mulai menabung

Jika Anda memiliki pasangan yang tidak mempunyai dana darurat atau dana pensiun, buatlah resolusi untuk mulai menabung. Simpanlah dana darurat sekitar tiga sampai enam bulan dikali pengeluaran Anda. Simpan dalam uang tunai. Selain itu buat pula dana pensiun.

 

Simpan uang lebih banyak

Mungkin Anda dan pasangan telah memiliki rekening tabungan dan rekening dana pensiun. Langkah selanjutnya adalah membuat resolusi untuk meningkatkan kontribusi uang yang Anda tabung. Semakin Anda berkontribusi pada rekening pensiun, semakin mudah mempertahankan gaya hidup Anda setelah Anda pensiun.

 

Bayar utang

Terlalu banyak utang akan menurunkan skor kredit Anda dan jika Anda membayar pembayaran minimum yang tinggi, hal ini dapat menegangkan anggaran anda. Buatlah strategi untuk melunasi utang Anda.

Anda dapat bernegosiasi dengan perusahaan yang mengeluarkan kartu kredit, mintalah tingkat suku bunga yang lebih rendah, bayarlah lebih dari pembayaran minimum dan hentikan menambah utang baru. Cari cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan dan tempatkan uang ini ke arah pengembalian utang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement