Jumat 30 Jan 2015 09:23 WIB

Ini Jenis Makanan Ringan yang Kaya akan Protein

Rep: C13/ Red: Winda Destiana Putri
Green smoothie merupakan makanan kaya protein yang baik untuk diet
Foto: Womanitely
Green smoothie merupakan makanan kaya protein yang baik untuk diet

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menjaga berat badan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Usaha ini tentu saja mengharuskan kita untuk berhati-hati memilih camilan.

Agar diet berhasil, kita harus memilih makanan ringan yang rendah kalori. Sehingga makanan ini akan mengisi dan meningkatkan tingkat energi tubuh kita.

Ada beberapa makanan ringan yang berprotein dan berada dalam kemasan. Meski mengandung zat protein yang tinggi, makanan ini ternyata termasuk ke dalam camilan yang sehat dan lezat.

Sejumlah penelitian menunjukkan pelaku diet itu harus memasukkan protein ke dalam rencana makan mereka. Upaya ini dilakukan agar tetap sehat dan tujuan penurunan berat badan lebih cepat tercapai.

Protein sangat jelas telah membantu menekan nafsu makan. Zat ini juga dapat memperlambat pelepasan lemak. Hal itu sangat penting untuk pemulihan otot setelah olahraga. Berikut ini makanan ringan berprotein yang paling lezat dan perlu dicoba seperti yang dikutip laman Womanitely, Jumat (30/1).

Green smoothie

Smoothies merupakan jenis makanan yang sangat populer saat ini. Jenis makanan ini sangat baik untuk dijadikan makanan ringan dan pilihan sarapan.

Kebanyakan Green smoothie itu dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, smoothies juga dapat membantu mempercepat metabolisme, detoksifikasi tubuh dan membakar lemak.

Anda bisa memilih smoothie bayam untuk meningkatkan asupan protein Anda. Atau, Anda juga bisa menambahkan buah favorit untuk Green Smoothie Anda. Sehingga campuran ini bisa membuatnya lebih lezat.

Telur

Telur rebus menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung protein. Selain protein, makanan ini juga mengandung kalsium, vitamin E, vitamin D, dan antioksidan kuat.

Satu telur rebus mengandung hanya 78 kalori dan 6.29 gram protein. Oleh sebab itu, telur rebus sangat baik untuk sarapan. Mungikn Anda bisa memakannya pada tengah hari atau sesaat setelah olahraga.

Biji labu

Makanan ini mungkin selalu dianggap menjadi snack yang paling diabaikan. Padahal, makanan ini sangat berguna untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Biji labu merupakan sumber protein yang sangat baik. Jenis makanan ini juga memiliki serat, vitamin dan mineral, termasuk magnesium, mangan, tembaga, dan seng. Biji labu mengandung lebih banyak protein dibandingkan beberapa biji lain.

Maka dari itu, cobalah untuk memakan biji labu ketika Anda merasa lapar atau setelah olahraga. Makanan ini akan dapat meningkatkan tingkat energi Anda. Selain itu, dapat pula menurunkan berat badan lebih cepat.

Segenggam kacang

Kata segenggam kacang ini berarti menghindari mengkonsumsi kacang berlebihan. Banyak orang berpikir bahwa kacang bisa menambah berat badan. Kacang juga dianggap bukan camilan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Sebagian pendapat tersebut memang benar. Tapi kacang-kacangan yang baik untuk diet itu bila dimakan dalam jumlah yang mencukupi. Artinya, segenggam kacang dirasa cukup untuk mengurangi rasa lapar, meningkatkan tingkat energi dan membuat otak Anda bekerja lebih baik.

Greek Yogurt dengan buah

Yoghurt Yunani dengan buah akan menjadi camilan rendah kalori yang tinggi protein. Selain itu, mengandung pula kalsium, kalium, vitamin D dan nutrisi penting lainnya.

Karena kandungan protein yang tinggi, yogurt Yunani bisa menunda rasa lapar Anda sampai makan malam. Makanan ini sebenarnya mengandung dua kali protein lebih besar dari yogurt biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement