Sabtu 24 Jan 2015 11:47 WIB

Ingin Rumah Terasa Nyaman, ini Rahasianya

Desain kamar yang nyaman
Desain kamar yang nyaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap pasangan, baik pasangan baru menikah atau sudah memiliki beberapa anak, pasti menginginkan suatu tempat tinggal yang nyaman bagi keluarga mereka. Tidak ada salahnya bila Anda berdua mencari banyak referensi dari pelbagai media.

Buat suasana rumah Anda terasa nyaman dengan kiat-kiat dekorasi mudah yang dikutip dari majalah arsitektur, interior, dan lansekap terkemuka, Better Homes and Gardens.

Dikutip dalam laman laman www.parentsindonesia.com berikut inspirasi dekorasi rumah untuk Anda.

Kuncinya adalah pemilihan furnitur

Meletakkan banyak bantal atau furnitur empuk akan membuat rumah Anda terasa nyaman.

Bermain tekstur

Warna-warna natural dengan aksen komponen ruang bertekstur dapat menciptakan suasana hangat seketika. Anda dapat menata beberapa bantal berwarna hitam dan krem bermotif di atas sofa atau kursi berwarna natural. Untuk memainkan tekstur, Anda bisa memilih meja kayu tanpa finishing untuk menciptakan kehangatan pada ruang tamu yang modern.

Sentuhan masa lalu

Silakan memajang aksesoris dari rumah ibu atau nenek Anda. Atau Anda beli aksesoris ruang bergaya vintage yang dapat dengan mudah ditemukan di pasar seni atau toko barang antik. Mulai dari keramik kuno hingga poster iklan di masa lalu, akan membuat rumah Anda nyaman dan unik.

Perhatikan skala ruang

Ukuran perabot rumah Anda merupakan tantangan tersendiri dalam penataan ruang. Jika Anda memiliki ruang yang tidak terlalu luas, sofa berwarna natural dengan bentuk memanjang masih bisa Anda pilih, asalkan sofa tersebut tidak terlalu tinggi sehingga masih tersisa ruang kosong yang cukup besar pada dinding untuk memberi kesan lapang. Ada juga bisa mengganti meja di ruang tengah, atau biasa disebut coffee table, dengan meja empuk yang dapat difungsikan sebagai kursi tambahan jika Anda sedang kedatangan banyak tamu.

Tampilkan foto keluarga

Menggunakan foto-foto keluarga untuk memercantik rumah adalah cara mudah menyamankan suasana rumah.

Tambahkan elemen alam

Gunakan patahan ranting pohon di belakang rumah sebagai pengganti bunga plastik yang selama ini mengisi vas-vas bunga di rumah Anda. Atau berkreasilah dengan dedaunan dan bunga kering. Anda juga dapat meletakkan kaktus mini di dalam pot agar ruang keluarga terasa lebih nyaman serta hijau.

Pilih warna lembut

Ciptakan suasana tenang di rumah Anda dengan mengaplikasikan warna natural atau warna lembut pada perabot utama. Jika Anda ragu membeli furnitur berwarna natural karena takut cepat kotor, mungkin Anda dapat menggunakan kain pelapis sofa yang dapat dicopot dan dicuci. Ciptakan efek kejutan dengan meletakkan aksesoris, furnitur pelengkap, dan karya seni dengan warna-warna mencolok.

Tunjukkan diri Anda

Rumah adalah cerminan pemiliknya, maka ada baiknya Anda memilih hiasan rumah yang mencerminkan diri Anda. Beri sentuhan personal ke dalam rumah melalui vas yang Anda kreasikan saat mengikuti kelas membuat keramik, kain batik yang diwariskan turun-temurun di keluarga, berbagai suvenir unik yang Anda dapatkan saat liburan.

Mulai memburu koleksi

Aneka koleksi mulai dari pajangan kristal, mata uang asing, hingga buku-buku kuno akan menambah sentuhan personal di rumah Anda. Jangan sembunyikan harta karun Anda di dalam peti, lebih baik tunjukkan kepada semua orang yang datang dengan cara menata benda koleksi di rak khusus yang cantik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement