Kamis 22 Jan 2015 06:27 WIB

Hah? Ternyata Rio Dewanto Buta Warna?

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Rio Dewanto
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Rio Dewanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Rio Dewanto mengaku punya masalah terkait penglihatannya terhadap beberapa warna. Rio sebetulnya tidak dapat membedakan perpaduan warna.

"Saya ini sebenarnya punya penyakit buta warna spasial jadi tidak bisa melihat perpaduan warna," ujar Rio di Jakarta, belum lama ini.

Pemain film ini sebelumnya juga mengatakan dulunya sempat ingin mendalami ilmu seni lukis. Karenanya hobi menggambarnya sejak kecil terus ditekuni suami Atiqah Hasiholan ini hingga memutuskan mengambil jurusan kuliah Periklanan.

Namun dengan kendala buta warna spasial tersebut kata dia, tentu tidak memungkinkan. Tetapi, kendati saat ini sudah menjalani dan menekuni bidang pefilman dengan menjadi aktor, dunia seni lukis tidak pernah betul-betul ditinggalkan.

Selain sering terlibat diskusi dengan sesama teman komunitas desain grafisnya, Rio juga cukup sering mengunjungi museum dan membeli lukisan. Memiliki kendala buta warna spasial kata dia tidak menyurutkan minatnya menikmati dan berburu koleksi lukisan lokal maupun mancanegara.

Pria bermata sipit ini memiliki sekitar 8 lukisan di rumahnya dan sebagian besar merupakan karya pelukis dalam negeri. Sebagian lukisan diakuinya dibeli dari Yogyakarta dan Bali serta dari beberapa pameran.

"Kalau soal harga lumayan tidak telalu mahal. Kadang beli replika karena yang asli mahal sekali. Tapi menurut saya kalau kita beli mahal untuk benda seni itu suatu hal yang pantas karena untuk mengapresiasi senimannya," jelas Rio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement