Rabu 21 Jan 2015 09:27 WIB

Konsumsi Semangka Bantu Turunkan Berat Badan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Buah semangka, ilustrasi
Buah semangka, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan hanya semangka merah, tapi juga ada semangka kuning. Keduanya rasanya sama-sama enak, manis dan menyegarkan.

Keduanya selain mampu meningkatkan kekuatan otak, memiliki kandungan air yang tinggi dan mengandung likopen yang tinggi, juga baik untuk kesehatan mata Anda bahkan mampu mengurangi nyeri otot.

Selain itu, apa lagi manfaat semangka? Masih ada dua fakta menarik lainnya dari laman Womanitely, Rabu (21/1).

Bantu turunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, ini tentu menjadi kabar yang menarik. Mengonsumsi semangka yang rasanya enak dan lezat ini ternyata adalah cara untuk membersihkan tubuh Anda dan membuang beberapa pon berat badan yang tidak diinginkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, semangka ini buah yang rendah kalori dan mengandung kadar air yang tinggi, tentu saja buah ini mampu membantu menurunkan berat badan Anda. Semangka merupakan bahan dasar untuk membuat smoothies (minuman berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula atau gula pasir, susu tawar cair dan es batu) buatan sendiri. Semangka juga menjadi cemilan atau makanan ringan yang sempurna antara waktu makan. Semangka memberikan tubuh banyak mineral dan air.

Melindungi dari sinar UV

Semangka mengandung likopen yang tinggi, yaitu pigmen karotenoid, fitokimia yang terdapat dalam buah atau sayuran. Likopen adalah karotenoid yang paling umum di dalam tubuh manusia. Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat. Selain itu, likopen juga dapat membantu melindungi anda dari sinar uv dan kanker kulit akibat terbakar sinar matahari. Itulah mengapa memasukan semangka dalam menu harian Anda merupakan salah satu hal yang penting.

Semangka adalah buah yang hebat yang memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan Anda. Tambahkan semangka ke dalam salad, smoothies atau jus Anda saat musim panas sangatlah nikmat. Atau jika ingin sesuatu yang berbeda, panggang atau makanlah semangka dalam bentuk mentah. Musim panas adalah waktu yang sempurna untuk menikmati buah ini, rasanya enak, lezat, menyegarkan dan sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement