Rabu 21 Jan 2015 08:05 WIB

Semangka Dapat Mengurangi Nyeri Otot

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Semangka mengandung asam amino yang membantu otot mendapat oksigen, cocok untuk disantap setelah berolahraga.
Foto: Antara
Semangka mengandung asam amino yang membantu otot mendapat oksigen, cocok untuk disantap setelah berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain mampu meningkatkan kekuatan otak, memiliki kandungan air yang tinggi juga mengandung likopen yang tinggi, semangka memiliki beberapa fakta menarik lainnya.

Dilansir dari laman Womanitely, Rabu (21/1) berikut beberapa manfaat lain dari semangka.

Baik untuk kesehatan mata

Sama seperti wortel dan brokoli, semangka kaya akan vitamin A, yang sangat baik untuk mata Anda. Vitamin A ini mampu membantu meningkatkan daya penglihatan dan melindungi Anda dari berbagai infeksi mata. Mengonsumsi sekitar 100 gram semangka setiap hari mampu menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan Anda.

Mampu mengurangi nyeri otot

Banyak hasil studi menunjukkan bahwa jus semangka dapat membantu mengurangi nyeri otot. Sehingga jus semangka menjadi minumn yang baik setelah melakukan latihan atau olahraga yang ekstrem dan melelahkan. Mengapa? Semangka adalah salah satu sumber citrulline (salah satu jenis asam amino) tertinggi, yang membantu meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi tekanan darah. Jika otot Anda sedang nyeri, coba pertimbangkan untuk mengonsumsi jus semangka ini. Tapi, ada baiknya jika sedang nyeri otot, Anda segera berkonsultasi dokter Anda terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement