Selasa 20 Jan 2015 11:22 WIB

Ingin Cepat Kurus? Coba Makan Ini Satu Sendok per hari

Rep: Satya Festiani/ Red: Indira Rezkisari
Jinten
Foto: wikimedia
Jinten

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ingin menurunkan berat badan dengan cepat? Pergilah ke dapur dan carilah jinten. Hasil riset terbaru menunjukkan bubuk jinten dapat mempercepat penurunan berat badan, menurunkan lemak tubuh, dan memperbaiki kadar kolesterol jahat.

Seperti yang dikutip dari Prevention, Selasa (20/1), para peneliti dari Universitas Shahid Sadoughi di Iran memisahkan 88 partisipan gemuk menjadi dua grup. Selama 3 bulan, kedua grup mendapatkan konseling tentang nutrisi dan membatasi asupan makan hanya 500 kalori per hari. Namun, hanya salah satu grup yang memakan 3 gram jinten bubuk per hari.

Setelah 3 bulan, anggota grup yang memakan jinten mengalami penurunan berat badan lebih besar 3 pon daripada grup yang tidak memakan jinten. Selain itu, grup yang memakan jinten juga mengalami penurunan lemak tubuh sebesar 14,64 persen, dibandingkan 4,91 persen pada grup yang tidak makan jinten.

Kadar trigliserida pemakan jinten juga berkurang 23 poin, sedangkan grup yang tidak memakan jinran hanya berkurang 5 poin. Kadar LDL juga tercatat turun 10 poin pada grup yang mengonsumsi jinten, sedangkan grup satunya hanya berkurang 0,5 poin.

Mengapa jinten dapat menurunkan berat badan? Jinten kaya akan phytosterol yang menyerap kolesterol dalam tubuh. Para peneliti menyimpulkan bahwa jinten dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh.

Ingin mencobanya di rumah? Tambahkan beberapa sendok teh jinten bubuk pada sayuran yang dipanggang. Jinten cocok dimakan dengan ubi, labu, wortel, dan bunga kol. Cara lainnya, tambahkan bubuk jinten pada mayones. Campuran tersebut dapat dioleskan pada roti. Atau, bumbui kacang panggang dengan jinten untuk cemilan lezat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement