Jumat 16 Jan 2015 14:03 WIB

Air Asia Masuk Maskapai Penerbangan Berbahaya di Dunia?

Air Asia. Ilustrasi
Foto: Air Asia
Air Asia. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Sebuah daftar maskapai penerbangan berbahaya didunia telah dirilis oleh situs review Australia AirlineRatings.com. Dalam rilis ini, maskapai penerbangan Air Asia masuk ke dalam daftar maskapai penerbangan berbahaya!

Dilansir dari Dailymail, Jumat (16/1), tiga anak perusahaan Air Asia yang ada di Indonesia, Malaysia dan Filipina masuk ke dalam daftar, sementara Malaysia Airlines tidak. Hal ini mengacu pada kecelakaan QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata beberapa waktu silam.

Situs ini mengungkapkan dari 449 penerbangan yang diteliti, lima penerbangan tersebut masuk ke dalam daftar keselamatan paling rendah. Akibatnya, kelima maskapai penerbangan ini dilarang untuk masuk ke negara-negara Uni Eropa.

Hal yang mengherankan adalah Malaysia Airlines, meski mengalami dua kecelakaan besar dalam satu tahun, maskapai ini dianggap tidak terlalu berbahaya. Tak dipungkiri, kredibilitas MAS sempat anjlok pasca kecelakaan.

AirlineRatings.com merupakan website yang diluncurkan pada Juni 2013 silam untuk menilai maskapai penerbangan didunia. Website ini merupakan inisiatif bersama antara Teknis Publikasi Penerbangan Internasional dengan pihak Australia.

Situs yang berbasis di Australia ini bukan hanya menerbitkan review maskapai penerbangan berbahaya di dunia, melainkan juga review maskapai penerbangan paling aman di dunia yang ditempati oleh Qantas Airways yang dimiliki oleh Australia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement