Kamis 15 Jan 2015 20:12 WIB

Daftar Makanan Pencegah Anemia Saat Hamil

Kurma
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Kurma

REPUBLIKA.CO.ID, Anemia selama kehamilan berkaitan dengan meningkatnya risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat rendah. Tambahkan makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi dan menghindari anemia.

Sebaiknya ibu hamil tidak menyantap makanan yang akan mengurangi penyerapan zat besi seperti teh dan kopi. Kalsium dalam susu juga akan mengurangi penyerapan zat besi. Ibu hamil pun disarankan minum di antara waktu makan.

Berikut ini daftar makanan bergizi yang harus Anda masukkan dalam menu makanan untuk mengobati atau mencegah anemia, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Pisang

Pisang adalah sumber makanan yang kaya zat besi dan mineral. Makan pisang saat sarapan merupakan pilihan yang ideal untuk mengobati atau mencegah anemia selama kehamilan.

Kurma

Kurma mampu meningkatkan produksi hemoglobin yang berguna untuk mengalirkan oksigen ke janin. Disarankan untuk memakan dua butir kurma saat sarapan dan makan siang.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran berdaun hijau yang tidak boleh dihindari, terutama ketika Anda sedang hamil. Brokoli kaya akan vitamin, zat besi dan folat.

Daging Merah

Memasukan daging merah dalam menu makan akan membantu mendapatkan cukup zat besi untuk memerangi anemia selama kehamilan. Sumber zat besi yang diserap dari daging merah lebih efisien daripada sumber zat besi nabati.

Bayam

Bayam adalah makanan pokok saat sedang hamil. Bayam merupakan sumber penting zat besi dan folat untuk memerangi anemia selama kehamilan.

Kuning Telur

Kuning telur mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh. Makan sebutir telur akan membantu Anda menjaga hemoglobin tetap normal karena zat besinya sangat cukup dibutuhkan tubuh.

Kerang

Kerang adalah makanan dalam daftar teratas yang mengandung zat besi. Jika Anda ngidam makanan laut selama hamil, kerang adalah pilihan tepat. Selain nikmat kerang juga bisa mengatasi anemia.

Madu

Jika Anda mengalami anemia selama kehamilan minumlah madu. Madu adalah sumber yang kaya zat besi. Madu dapat diminum mentah atau dicampur dengan buah-buahan kering atau kacang-kacangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement