Kamis 15 Jan 2015 19:44 WIB

Yuk, Libatkan Suami Sejak Masa Kehamilan

Suami perlu dilibatkan mengurus anak sejak istri mengandung.
Foto: pixabay
Suami perlu dilibatkan mengurus anak sejak istri mengandung.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengandung anak memang tanggung jawab perempuan. Tapi memenuhi kebutuhan istri dan anak selama kehamilan adalah tugas laki-laki. Kehadiran anak dalam keluarga akan memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada suami.

Supaya pasangan Anda punya “rasa memiliki” terhadap anak, libatkan dia selama masa kehamilan. Melibatkan suami selama kehamilan, merupakan awal transisi seorang laki-laki menjadi ayah. Ayo libatkan suami selama masa kehamilan Anda dengan cara ini, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Pergi ke dokter bersama-sama

Ajak suami Anda melihat pertumbuhan bayi di dalam rahim melalui USG.  Dijamin suami Anda akan merasa bahagia dan emosional saat melihat si kecil di kandungan.

Mengikuti kelas konseling

Selain melihat hasil USG ajak suami mengikuti kelas konseling kehamilan. Minta dia mengajukan pertanyaan kepada dokter atau bidan tentang hal-hal yang perlu dilakukan selama kehamilan.

Menghadiri kelas menyusui bersama-sama

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) sering sekali mengadakan acara seminar ASI atau membuka kelas menyusui untuk ibu hamil. Ajak suami Anda menghadiri kelas tersebut. Mungkin dia akan sedikit canggung saat mengikutinya karena sebagian besar pesertanya adalah perempuan.

Berkencan

Saat anak sudah lahir, Anda akan sulit mencari waktu untuk berdua karena sebagian besar waktu akan tersita merawat anak. Sebelum bayi lahir cobalah melakukan hal-hal romantis seperti waktu pacaran dulu.

Baca buku-buku parenting bersama

Membaca buku tentang parenting bersama-sama akan memberikan waktu berkualitas untuk Anda berdua. Selain itu bisa menambah pengetahuan seputar merawat anak.

Membeli perlengkapan bayi bersama

Ajak suami Anda membeli perlengkapan kebutuhan bayi bersama-sama. Suami Anda pasti suka melihat barang-barang bayi yang mungil-mungil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement