Rabu 07 Jan 2015 16:12 WIB

Starbucks Masukkan Kopi Flat White dalam Menu

Kopi flat white Starbucks
Foto: dok Starbucks
Kopi flat white Starbucks

REPUBLIKA.CO.ID, Suka secangkir kopi flat white? Kopi jenis ini memang belum sepopuler cappucinno atau latte, meski isiannya sama-sama terdiri dari kopi dan susu.

Beranjak populer dari Australia, kini kopi flat white akan masuk dalam menu Starbucks, waralaba kopi asal Negara Paman Sam. Mulai Selasa (6/1) waktu Amerika, sejumlah kedai Starbucks di Amerika akan menyajikan kopi flat white bagi pengunjungnya.

Menurut aktor Australia, Hugh Jackman, yang memiliki kedai kopi di New York dan secara personal melatih stafnya untuk meracik kopi, flat white diibaratnya seperti latte dengan lebih sedikit susu dan lebih banyak espresso.

Kopi flat white terdiri dari dua shot espresso yang dikombinasikan dengan susu yang dibuat berbuih. Teknik pemanasan susu namun harus konsisten agar susu tidak pecah jadi busa yang terlampau besar. Flat white juga disajikan sedikit lebih dingin dari cappucinno. Susu juga dituangkan secara bebas bersama espresso sehingga tesktur bak beludru dalam minuman ini lebih konsisten dibanding latte.

Kopi ini juga disajikan dalam cangkir berukur 165 ml, sedikit lebih kecil dari latte atau cappucinno.

Dikutip dari Guardian, Rabu (7/1), kopi flat white Starbucks diharapkan muncul dengan rasa kopi yang kentara namun dengan rasa akhir yang lebih manis. Starbucks mengatakan kopi ini akan disajikan dalam sejumlah ukuran, indikasi kalau takaran tradisional sebesar 165 ml akan tak terlalu diperhatikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement