Ahad 04 Jan 2015 07:06 WIB

Yummi, Hangatkan Tubuh Dengan Resep Semangkuk Bakso Lezat

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Semangkuk bakso lezat
Foto: Easyrecipesworld
Semangkuk bakso lezat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda penggila bakso? Makanan yang terbuat dari daging yang sudah dihaluskan dan dibentuk bulat ini memang sangat menggugah selera. Apalagi bila disantap dalam cuaca hujan seperti sekarang.

Tak ada salahnya jika Anda mencoba membuat bakso sendiri dirumah. Laman Menshealth Ahad, (4/1) memberikan resep bakso yang memungkinkan bisa dijadikan sebagai referensi resep terbaik bagi Anda. Resep ini bisa menjadi resep alternatif tentang rasa bakso lezat sekaligus terbaik menurut versi yang Anda inginkan.

   

Tentu masing-masing dari kita memiliki selera yang berbeda-beda. Barangkali, modifikasi dari resep-resep yang Anda dapatkan merupakan sebuah solusi yang tepat.

Resep bakso ini dibuat dari empat jenis daging, remah roti, dan semacam cabai Italia untuk menambah rasa manis. Tekstur bakso ini lembut, halus dan rapi. Bahkan saus yang melumurinya, yaitu saus tomat San Marzano terkenal akan kualitas rasanya.

Rahasia dari resep ini yaitu cinta di mana ketika di dapur, Anda dengan penuh perasaan membuat bakso tersebut. Mungkin bisa juga mengikutsertakan teman agar mempercepat proses memasaknya.

Berikut resep dan cara membuatnya. Resepnya terdiri dari minyak zaitun, guanciale atau pancetta, bawang putih cincang, bawang Spanyol potong dadu, cabai calabria cincang, tomat cincang, garam dan merica, beberapa jenis daging seperti sapi atau lainnya, remah roti segar, telur, keju parut dan peterseli.

 

Cara membuatnya, tumis guanciale sampai kecoklatan, tambahkan bawang putih, bawang merah, cabai, dan tomat. Aduk sekitar 10 menit. Bumbui dengan garam dan merica, tiriskan, lalu tempatkan campuran tadi di lemari es sekitar 20 menit sampai campuran mendingin.

Langkah berikutnya, campurkan campuran dingin tadi dengan daging dan tambahkan lagi bumbu jika perlu. Gulung adonan menjadi bentuk bakso berukuran sekitar 3 ons dan dinginkan lagi selama minimal 2 jam.

Kemudian panaskan oven sampai 300° F lalu masukkan bakso tadi ke dalam oven dan masak sampai suhu 165° F yaitu sekitar 45 menit. Biarkan bakso agak dingin sebelum disajikan.

Sedangkan resep yang berikut ini yaitu untuk saus bakso. Cara membuatnya, masak bawang putih cincang, bawang Spanyol besar potong dadu di atas api sedang sekitar 7 menit. Lalu tambahkan saus tomat San Marzano dan aduk sampai mengental sekitar 10 menit. Setelah diberi daun kemangi, aduk campuran lalu bumbui dengan garam dan merica.

Terakhir campurkan dan masak bakso bersama saus tersebut. Jangan lupa memberi irisan remah roti di pinggiran serta parutan keju di atas bakso. Setelah selesai, bakso hangat dengan rasa terbaik buatan Anda bisa segera disajikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement