Sabtu 03 Jan 2015 10:15 WIB

Lakukan Survei untuk Rumuskan Kebutuhan Dana Pernikahan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pasangan suami istri
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang sudah berencana menikah tahun ini atau tahun akan datang, ada baiknya segera melakukan persiapan. Selain mental dan fisik yang harus Anda siapakan, menjelang momen penting ini tiba, dana pernikahan juga penting untuk disiapkan.

Dana pernikahan pun tidak kecil jumlahnya. Lalu bagaimana caranya ya menyiapkan dana pernikahan ini?

Sebelum menikah, selain perlu menabung, menurut perencana keuangan OneShildt Financial Planning, Pandji Harsanto CFP, Anda juga wajib melakukan survei terlebih dahulu. Apa sajakah yang harus Anda survei? Lihat penjelasan dari Pandji berikut ini.

Menurutnya, dalam menyiapkan tabungan pernikahan, jangan sampai Anda mengawang-awang alias tidak tahu jumlah pasti dana yang dibutuhkan. Makanya, calon pengantin harus bisa mengira-ngira dari sekarang. Ia juga menyarankan calon pengantin melakukan survei biaya yang akan dikeluarkan dengan menentukan jumlah undangan atau harga katering per porsinya.

Setelah itu, Anda perlu melakukan survei dengan mengunjungi pihak penyelenggara atau bertanya kepada teman yang sedang mempersiapkan pernikahan. “Survei ini sangat penting, selain bikin Anda tahu vendor yang memberikan harga termurah, Anda juga bisa mengetahui kenaikan harga per tahunnya,” ujarnya kepada ROL, Jumat (2/1).

Anda akan mengetahui besarnya kenaikan harga per tahun dengan melakukan survei sehingga bisa memperkirakan harga pasaran saat Anda menikah nanti. Misalnya, harga gedung tahun ini Rp 11 juta, sedangkan tahun lalu Rp 10 juta. Dari situ terlihat bahwa kenaikan per tahun Rp 1 juta atau 10 persen per tahun. Jika Anda ingin menikah lima tahun lagi, siapkan dana sekitar Rp 16,1 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement