Sabtu 03 Jan 2015 09:57 WIB

Mau Menikah? Siapkan Dananya Sedari Jomblo

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Dana perkawinan bisa disiapkan mulai sekarang, meski belum memiliki pasangan.
Foto: Antara
Dana perkawinan bisa disiapkan mulai sekarang, meski belum memiliki pasangan.

REPUBLIKA.CO.ID, Akhirnya saat yang Anda tunggu-tunggu tiba, pasangan Anda siap berkomitmen dan resmi melamar. Namun belum sempat mewujudkan pesta pernikahan sesuai impian, Anda tersadar kalau tabungan masih pas-pasan.

Mau meminta orang tua membiayai semua, kok rasanya tidak enak. Sebelum momen sakral tersebut tiba, sebaiknya Anda menyiapkan dananya dari sekarang. Jangan tunggu sampai si dia mengeluarkan kalimat sakti 'will you marry me?' untuk mulai menabung.  

Perencana keuangan OneShildt Financial Planning, Pandji Harsanto CFP, mengatakan untuk menyiapkan dana pernikahan, sebaiknya Anda memulainya dari sekarang. Tabungan pernikahan sebaiknya disiapkan sejak pertama kali Anda memiliki pekerjaan dan gaji tetap. Tidak terkecuali buat Anda yang masih jomblo.

Tidak perlu menunggu ketika Anda sudah memiliki pasangan untuk menyiapkan dana pernikahan. Selama Anda berkeinginan untuk menikah, tabungan ini penting disiapkan. Idealnya, Anda menyiapkan tabungan menikah sejak pertama kali bekerja dan mendapat gaji tetap.

“Besarnya maksimal bisa 30 persen penghasilan. Atau jika belum sempat menabung, lakukan minimal dua tahun sebelum menikah,” sarannya kepada ROL, Jumat (2/1).

Kalau merasa mengandalkan tabungan di bank saja tidak cukup, Anda bisa mencoba berinvestasi. Namun, sesuaikan dengan jangka waktu rencana pernikahan Anda.

Tentukan rencana untuk menikah berapa tahun lagi, berapa anggarannya pada saat ini dan berapa nilainya nanti setelah dihitung dengan inflasi. Jika rencana pernikahan Anda masih dua tahun lagi, investasikan di logam mulia. Jika dua sampai tiga tahun, pilih reksadana pendapatan tetap. Lalu, untuk empat sampai lima tahun pilih reksadana campuran. Nah, jika masih di atas lima tahun atau malah belum jelas, Anda bisa pilih reksadana saham.

Tabungan ini juga harus tetap dibuat meskipun Anda yakin keluarga akan membiayai pesta pernikahan Anda. “Masalahnya, belum tentu beberapa tahun ke depan keluarga Anda masih mampu membiayai,” ujarnya.

Anda tidak bisa tahu kondisi ke depan. Bisa saja menjelang pernikahan, terjadi musibah yang membuat orangtua tidak bisa membiayai resepsi. Itulah sebabnya tabungan pernikahan ini menjadi sangat penting disiapkan sedini mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement