Senin 29 Dec 2014 07:01 WIB

Museum Serangga Juga Ada di Bogor

Museum serangga di IPB Dramaga Bogor
Foto: dok museum serangga IPB
Museum serangga di IPB Dramaga Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Institut Pertanian Bogor, Provinsi Jawa Barat, memiliki Museum Serangga yang menyimpan 3.500 lebih spesimen serangga pertanian yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia dan tersimpan di Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB Dramaga.

Ketua Museum Serangga IPB, Dr Purnama Hidayat di Bogor, Ahad (28/12), mengatakan, museum tersebut awalnya merupakan koleksi serangga milik Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian IPB. "Museum ini mulai beroperasi sejak 20 Mei 2005 silam dengan nama "Insect Teaching Collection (ITC). Nama ini kemudian berubah menjadi "Insect Teaching and Research Collection (ITRC)," kata Purnama.

Ia mengatakan, ITRC mengacu pada fungsinya sebagai sarana penunjang bagi kegiatan pendidikan dan penelitian serangga yang dilakukan oleh para mahasiswa. Dan seiring waktu keberadaan ITRC menjadi cikal bakal Museum Serangga IPB.

Dia menjelaskan, Museum menyipan lebih dari 3.500 spesimen serangga pertanian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Menariknya dari koleksi serangga tersebut beberapa specimen diantara telah berusia lebih dari 100 tahun. "Museum serangga ini memiliki spesimen koleksi standar untuk referensi yang disimpan dalam kotak dan lemari," katanya.

Ia menyebutkan, spesimen di Museum Serangga IPB dikumpulkan sejak tahun 1910 dan berjumlah 1.219 spesimen. Museum juga memiliki spesimen yang dipamerkan dalam kotak kaca sebanyak 1.667 spesimen. Seranga-serangga tersebut, lanjut Purnama, ditata berdasarkan klasifikasi ordo, komoditas inang (hama tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan pascapanen), serta kelompok serangga predator, parasitoid, penyerbuk dan kelompok serangga yang unik.

"Tujuan didirikannya Museum Serangga ini sebagai tempat penyimpanan, sekaligus referensi serangga pertanian yang ada di Indonesia seperti hama tanaman, musuh alami serangga (parasitoid dan predator), penyerbuk bunga dan serangga pertanian lainnya," katanya.

Selain itu, Museum Serangga IPB juga dimaksudkan sebagai salah satu sarana penunjang pendidikan dan penelitian, khususnya berkaitan dengan pertanian.

"Melalui pengenalan dunia serangga diharapkan dapat menimbulkan rasa ingin tahu dan mengenal keberadaan serangga serta mengetahui perannya dalam ekosistem," ujarnya. Purnama menambahkan, Museum Serangga juga menyediakan pemesanan koleksi serangga dengan jenis dan ukuran sesuai dengan harga pesanan, menyediakan jasa layanan identifikasi serangga meliputi serangga pertanian, pemukiman dan tanaman hias yang dapat dilakukan di laboratorium Biosistematika serangga DPT-IPB.

Museum juga melayani penjualan alat-alat untuk koleksi serangga seperti perangkap, jaring serangga, botol koleksi, jarum serangga dan peralatan lainnya.

Para pengunjung yang datang juga dapat membeli aneka cinderamata seperti gantungan kunci dari serangga, cangkir (mug) bergambar serangga, T-shirt dengan gambar serangga dan cinderamata lainnya yang berkaitan dengan seranggan.

"Hal favorit yang dilakukan pengunjung adalah melihat dan menyentuh belalang ranting raksasa yang hidup dipelihara di Laboratorium Biosistematika Serangga. Belalang ranting raksasa ini diberi makan daun jambu biji dan apabila dewasa panjangnya bisa mencapai 20 cm," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement