Jumat 26 Dec 2014 07:34 WIB

Pengusaha Home Stay Raih Untung

Rep: Heri Purwata/ Red: Julkifli Marbun
Liburan sekolah (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Liburan sekolah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Musim liburan akhir tahun 2014, banyak wisatawan ke Yogyakarta dan menginap di Kota Pelajar ini. Banyaknya permintaan akan kamar hotel, membuat sejumlah wisatawan tidak kebagian kamar. Akibatnya mereka memilih untuk tinggal di home stay yang terletak di pinggir kota.

Salah satu home stay yang mendapat limpahan tamu, Kusuma Home Stay di Jalan Parangtritis, Bantul, Yogyakarta tepatnya di Dusun Cabean, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY. "Saat ini dari lima home stay yang ada hampir separonya sudah terisi. Sedang mulai 25 Desember 2014 sampai 4 Januari 2015 sudah penuh semua," kata Erna di Bantul,  Rabu (24/12).

Erna yang  juga istri AKBP Suharsono, perwira menengah Polda Banten mengaku Kusuma Home Stay dibuka awal bulan Desember ini namun sudah banyak tamu yang memesannya. "Saat hari sepi pasti ada yang menginap meski hanya satu atau dua rumah yang disewa," katanya.

Selain Kusuma Home Stay, limpahan wisatawan akhir tahun ini juga dinikmati Desa Wisata Tembi yang memiliki 76 unit home stay. “Hingga hari ini hampir setengahnya home stay yang dimiliki warga Tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul sudah dipesan o wisatawan," kata Daud Subroto, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tembi, Bantul.

Daud menjelaskan untuk menyewa home stay di Dusun Tembi ini relatif murah mulai dari Rp 200- 500 ribu. "Jika dengan fasilitas AC sewa home Stay bisa mencapai Rp 500 ribu, sedang yang biasa hanya Rp 200 ribu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement