Kamis 25 Dec 2014 07:40 WIB

Hindari Sinar Matahari Langsung, Obat Jerawat Secara Alami

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Jerawat (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Jerawat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menghindari makanan siap saji, rajin membersihkan wajah, istirahat yang cukup, konsumsi air putih, rilek dan tidak stress, menghindari penggunaan riasan wajah terlalu tebal, dan rajin olahraga masih banyak tips lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat.

Mau tahu langkah berikutnya mencegah timbulnya jerawat? Pakar Kecantikan yang juga Pemilik Brand Kosmetik Herbal LH Care of Beauty, Lani Hastiningtyas kepada Republika Online, memberikan tips mudah mencegah timbulnya jerawat, Kamis (25/12).

Petama, menghindari sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan. Beberapa obat jerawat dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hindari sinar matahari langsung terutama antara jam 10 dan jam 2 siang. Selain itu gunakan payung, topi pelindung dan gunakan day cream atau sun block minimal spf 30. Dan carilah yang noncomedogenic.

Kedua hindari menggunakan wewangian, minyak rambut, gel pada rambut Anda. Jika rambut kena wajah, dapat menutup pori-pori dan mengiritasi kulit. Gunakan sampo lembut dan kondisioner. Rambut berminyak bisa menambahkan minyak pada wajah Anda, cuci rambut Anda sesering mungkin bila sedang berjerawat.

Bila Anda sudah berjerawat, pakailah obat jerawat yang benar, konsultasikan ke ahlinya. Tanyakan apakah obat jerawat yang di pakai aman untuk kulit Anda. Pasalnya, beberapa obat jerawat bisa menyebabkan kulit kering, maka pakailah mousturizer cream yang noncomedogenic, untuk membuat kulit anda tetap lembab tanpa jerawat.

Perlu diperhatikan pula, gunakan produk perawatan wajah yang aman, pastikan produk yang dipakai tidak menimbulkan jerawat. Gunakan yang water base atau oil free. Sesekali peeling wajah Anda untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk dan lemak yang menumpuk akibat makeup dan kotoran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement