Rabu 17 Dec 2014 19:14 WIB

Mulai Malam ini, Candi Prambanan akan Menyala

Rep: Heri Purwata/ Red: Indira Rezkisari
Candi Prambanan, salah satu cagar budaya di Yogyakarta.
Foto: nrmnews.com
Candi Prambanan, salah satu cagar budaya di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Candi Prambanan mulai malam ini (17/12), akan disinari 16 lampu LED (Light Emitting Diode) Flood Light. Lampu LED yang menempel di Prambanan akan memiliki tiga warna yaitu silver, platinum dan gold.

Demikian dikatakan Yoshihide Nagano, President Director PT Panasonic Gobel Eco Solutions Sales Indonesia kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (17/12). Untuk pemasangan lampu, pihaknya sudah meminta izin dari Kementerian Kebudayaan, Balai Konservasi, dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Lampu LED Flood Light, kata Nagano, memiliki keunggulan di antaranya, 500 persen lebih terang dibandingkan dengan produk kovensional, hemat enegi 50 persen untuk penyalaan warna gold dan langsung menyala. "Panasonic akan memberikan garansi maintenance selama tiga tahun," katanya.

Sebelumnya, penerangan Candi Prambanan dilakukan GE Lighting dengan tipe lampu HID (High Intensity Discharge). Lampu jenis ini memakan listrik lebih banyak dibandingan dengan LED. "Untuk satu titik lampu LED membutuhkan daya 590 watt, sedangkan lampu HID memakan listrik 1.100 watt," katanya.

Selanjutnya, penyinaran menggunakan tiga warna membuat Candi Prambanan lebih indah dan menarik penonton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement