Senin 15 Dec 2014 06:01 WIB

Memadu Apel dan Pir dalam Salad Buah

Apel merah dan hijau.
Foto: Indira Rezkisari/ROL
Apel merah dan hijau.

REPUBLIKA.CO.ID, Apel, jeruk, anggur, pir, hingga stroberi, dan plum merupakan buah-buahan yang banyak digemari. Buah-buahan segar ini namun tidak hanya bisa dinikmati langsung begitu saja.

Ada banyak variasi yang bisa dilakukan untuk mengolah buah-buahan ini menjadi makanan yang lezat. Chef Addrian mengatakan, apel dan pir adalah dua macam buah yang bisa diracik menjadi dalam berbagai cara. Katanya, tidak ada batasan dalam mengolah apel dan pir.

''Paling kalau untuk dimasak saya sarankan gunakan apel hijau, sedangkan untuk apel yang tidak perlu dimasak baru gunakan yang merah,'' katanya, dalam peluncuran USA Fair di supermarket Ranch Market, beberapa waktu lalu. Apel hijau cocok untuk dimasak karena teksturnya yang cenderung lebih keras dibandingkan apel merah. Memasak dengan apel hijau membuat apel ini tidak kehilangan kerenyahannya.

Rasa apel hijau yang lebih asam lalu dikatakan Addrian akan lebih cocok pula dijadikan bahan hidangan pencuci mulut. ''Kalau yang merah bisa buat hidangan utama,'' katanya menerangkan.

Salah satu ide makanan dari apel adalah membuat salad buah. Agar lebih unik, Addrian menyarankan salad tersebut nantinya diletakkan dalam cone es krim. Salad dalam porsi indvidu untuk bisa jadi pilihan hidangan pencuci mulut yang lebih menyehatkan dibandingkan es krim.

Untuk membuatnya cukup potong dadu masing-masing satu apel merah, satu apel hijau, dan satu buah pir. Campur potongan apel dan pir dengan buah anggur yang dibelah dan dibuang bijinya.

Saus atau dressing salad dibuat menggunakan mayones atau bisa diganti yogurt, susu cair, air jeruk sunkis, gula, dan cuka apel. Gunakan takaran sesuai selera masing-masing.

Setelah saus dicampur dengan buah segera letakkan dalam cone dan hidangkan. Mudah bukan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement