Jumat 12 Dec 2014 06:53 WIB

Sukses Wawancara Kerja, Ini Tipsnya

Rep: C13/ Red: Winda Destiana Putri
Interview pekerjaan (Ilustrasi)
Interview pekerjaan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Wawancara kerja seringkali cukup menakutkan untuk dilakukan bagi pelamar kerja yang baru. Rasa tegang merupakan keadaan yang sering dialami beberapa pelamar kerja.

Maka dari itu, rasa tegang seharusnya dihilangkan di dalam diri para pelamar kerja. Hal ini karena menampilkan diri dengan percaya diri dan tenang merupakan nilai yang sangat penting dan perlu dilakukan. Berikut ini tips agar wawancara kerja Anda sukses seeperti yang dilansir Womanitely, Jumat (12/12).

Berpakaian yang Tepat dan Berbicara Dengan Meyakinkan

Penampilan merupakan segalanya dalam sebuah wawancara. Berpakaian dengan baik, tampak bersih, menjaga postur tubuh yang baik, kontak mata, dan berbicara dengan meyakinkan merupakan bagian terpenting dalam wawancara.

Untuk itu, Anda sebaiknya berhati-hati dalam memberikan jawaban Anda. Usahakan Anda tidak berbicara hingga melampaui enam puluh detik. Anda juga harus tahu persis jenis pekerjaan yang Anda lamar. Hal-hal ini akan menjadi penilaian penting bagi Anda oleh atasan.

Bersantai

Perusahaan akan bisa merasakan ketakutan dan kurangnya kepercayaan yang ada tampilkan saat wawancara. Hal ini tentu tidak akan membantu Anda dalam sebuah wawancara.

Untuk itu, cobalah Anda untuk berlatih berbicara di depan cermin. Atau Anda juga bisa berlatih berbicara dengan teman sebagai langkah persiapan. Datang lebih awal dan tepat waktu juga menjadi bagian penting dalam sebuah penilaian. Hal ini karena ketepatan waktu merupakan suatu keharusan.

Perhatikan perilaku Anda

Hal yang juga penting dalam wawancara adalah sopan santun. Melakuka interupsi, bersikap tidak hormat atau menghina, atau membesarkan topik kontroversial bisa termasuk ke dalam kategori tidak sopan. Maka dari itu, Anda sebaiknya menghindari sikap-sikap yang seperti tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement