Jumat 12 Dec 2014 11:31 WIB

Alasan Anda Harus Pillih Ubi Jalar Ungu

Rep: MGROL31/ Red: Winda Destiana Putri
Khasiat ubi ungu
Foto: Allwomenstalk
Khasiat ubi ungu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tak kenal ubi atau sweet potatoes? Umbi-umbian yang satu ini memang sangat populer di Indonesia berkat kandungan karbohidrat yang cukup dan rasanya yang enak.

Sebenarnya, terdapat tiga jenis ubi jalar yang paling terkenal di Indonesia yakni, ubi jalar putih, ubi jalar kuning (jingga), dan ubi jalar ungu. Ketiga ubi ini memiliki kandungan yang berbeda satu sama lainnya, namun ada alasan mengapa Anda harus memilih ubi jalar ungu seperti yang dilansir dari Allwomenstalk, Jumat (12/12) berikut ini.

Unik

Ubi jalar ungu merupakan jenis ubi yang jarang Anda jumpai bahkan di Indonesia. Namun karena keunikannya, jenis ubi ini merupakan makanan yang dapat Anda konsumsi sebagai variasi dalam diet Anda. Daripada memilih mashed potatoes untuk makan malam Anda, ada baiknya memilih mashed ubi jalar ungu yang lebih penuh warna dan tidak membosankan.

Nikmat

Rasa dari ubi jalar ini mirip sekali dengan saudara ubinya yakni ubi jalar kuning yang manis. Namun, rasa dari ubi jalar ungu lebih nikmat ketimbang ubi yang lainnya. Selain nikmat pun Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi ubi jalar ungu dikarenakan rendahnya kalori (123 kkal) yang terkandung dalam ubi ini.

Rendah Kalori

Ketika Anda menjadikan ubi ini sebagai menu diet Anda karena keunikan dan rasanya yang nikmat, Anda juga tidak perlu khawatir dapat merusak tatanan diet mengingat rendahnya kalori yang terkandung dalam ubi jalar ini. Ubi jalar ungu hanya memiliki 123 kkal per 100 g.

Tinggi Serat

Alasan lain mengapa harus memilih ubi jalar ungu adalah tingginya serat yang terkandung dalam ubi ini. Satu ubi jalar ungu berukuran sedang memiliki 6 gram serat yang berguna untuk menstabilkan kandungan gula darah serta melancarkan pencernaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement