Rabu 10 Dec 2014 17:41 WIB

Inspirasi Menu Kudapan dari Keju

Pisang goreng pasir dengan selai sarikaya dan parutan keju.
Foto: Indira Rezkisari/ROL
Pisang goreng pasir dengan selai sarikaya dan parutan keju.

REPUBLIKA.CO.ID, Keju merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan digemari anak-anak. Menambahkan keju dalam makanan atau kudapan juga tergolong mudah.

Chef Untoro dari Mondelez Indonesia, Rabu (10/12), membagi sejumlah cara menambahkan keju dalam makanan. Katanya, semua bergantung pada selera lidah masing-masing.

Resep pertama yang dibaginya adalah pisang goreng pasir dengan keju. Untuk membuatnya sangat mudah. Cukup goreng pisang dalam adonan yang telah dilumuri dengan tepung roti.

Setelah pisang matang, Untoro mengatakan siapkan keju parut. ''Bila kejunya dalam suhu ruang, hasil parutan biasanya akan lebih bagus,'' ujarnya memberi tips. Agar hasil parutan keju bagus, coba keluarkan dulu keju blok dari kulkas beberapa waktu sebelum digunakan.

Sebelum menaburkan keju, Untoro mengoleskan selai sarikaya ke atas pisang goreng. ''Kombinasi rasa sarikaya yang gurih manis akan sangat cocok berpadu dengan keju gurih,'' katanya, di sela-sela perkenalan produk keju Dairylea Qeju produksi Mondelez Indonesia.

Selain di atas pisang, keju juga bisa diselipkan diantara sosis dan roti. Bila bosan dengan roti biasa, Untoro menyarankan mengganti dengan roti pao yang teksturnya lembut dan ringan mirip bakpao.

Belah dua roti pao, letakkan selembar sayur selada, potongan tomat, bawang bombay, keju lembaran, lalu sosis yang sudah direbus atau digoreng. Sebagai penambah rasa, mayones dan saus tomat atau sambal bisa pula diberikan di atas sosis.

Selain menu tersebut masih ada banyak cara lain menambahkan keju dalam kudapan. Untoro mengatakan, misalnya memotong keju jadi dadu untuk ditabur di atas sayur-sayuran, juga diparut dan dicampur ke es buah, bahkan bisa ditambahkan ke kocokan telur untuk didadar atau dipanggang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement