Kamis 04 Dec 2014 07:16 WIB

Ketoprak Jadi Makanan Favorit Koki Cantik Ini

Rinrin Marinka dan Will Meyrick
Foto: dok AFC
Rinrin Marinka dan Will Meyrick

REPUBLIKA.CO.ID, Koki cantik Rinrin Marinka punya tugas baru sejak akhir bulan lalu. Ia harus berkeliling Jakarta dan mencicipi makanan-makanan populer di Ibu Kota.

Rinrin namun tidak sendirian. Ia ditemani Will Meyrick, juga seorang koki yang sudah 14 tahun tinggal di Indonesia dan memiliki sejumlah restoran pula di sini. Kegiatan makan-makan keduanya merupakan bagian dari acara televisi berjudul 'Back to the Street: Jakarta' yang tayang di kanal televisi berbayar Asian Food Channel (AFC).

Kerak telor, asinan betawi Ibu Yenni, nasi goreng kambing Kebon Sirih, otak-otak Muara Angke, sampai siomay Pink di Tebet baru sebagian makanan yang dicicipi. Tapi, dari sekian banyak makanan Jakarta, mana sih yang paling disukai Rinrin?

''Ketoprak dan nasi uduk dengan ayam goreng kremes,'' ujar Rinrin, kepada ROL, Kamis (4/12).

 

Selain mencicipi makanan-makanan tersebut, 'Back to the Street: Jakarta' memperlihatkan pula keahlian memasak Rinrin dan Will. Mereka mengkreasikan versi para koki ini dari makanan yang populer di Jakarta.

Rinrin misalnya pernah membuat versi modern kerak telor. ''Saya membuatnya dalam bentuk empat persegi panjang. Jadi terkesan seperti makanan Jepang,'' katanya menerangkan.

Ia juga pernah membuat versinya sendiri dari asinan betawi. ''Rasanya saya biarkan tidak berubah. Cukup asli. Saya namun memanfaatkan keindahan warna-warna sayuran dari asinan juga kerupuknya untuk membuat makanan ini jadi beda,'' ujarnya.

Bukan cuma makanan Jakarta yang pernah diracik versi modernnya oleh Rinrin. Dendeng balado khas Minang pun pernah diutak-atik cara penyajiannya. Katanya, ia membuatnya dalam dua cara sehingga bisa tampil berbeda saat dihidangkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement