Rabu 03 Dec 2014 13:55 WIB

Trik Cantik Tanpa Bedak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Tampil cantik tidak selalu harus dibarengi penggunaan bedak.
Foto: Prayogi/Republika
Tampil cantik tidak selalu harus dibarengi penggunaan bedak.

REPUBLIKA.CO.ID, Wanita mana yang tidak ingin cantik. Ibaratnya, apapun akan dilakukan agar bisa selalu terlihat cantik. Salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan bedak sebagai kosmetik dekoratif wajah. Bedak itu bisa menutupi kekurangan pada wajah seperti menutupi bekas jerawat atau flek hitam.

Namun, menurut pakar kecantikan, Lani Hastiningtyas, itu tidak menyelesaikan masalah. Justru bisa memperburuk masalah kulit. Penggunaan bedak sepanjang hari mempunyai efek samping yang cukup banyak seperti yang di sebutkan oleh American Academy of Dermatology.

"Misalnya dapat mempercepat kerutan di wajah dan mengembangkan infeksi," ujarnya kepada ROL, Rabu (3/12).

 

Bedak yang digunakan dalam waktu lama, lanjutnya, juga bisa menyebabkan jerawat dan flek hitam karena kandungan kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyumbat pori-pori wajah. Apalagi bila bedak dipulas berulang-ulang seharian setelah beraktivitas tanpa sebelumnya mencuci muka terlebih dulu.

"Itu akan memgumpulkan banyak kuman di wajah," kata pemilik kosmetik Herbal LH Care of Beauty.

Untuk itu, ia menyarankan agar mencari kosmetik yang oil free, non-acnegenic dan non-comedogenic. Ia menyarankan, pandai-pandai memilikh kosmetik wajah tanpa efek samping.

"Tanpa bedak kita bisa cantik kok, perawatan wajah yang baik dengan bahan-bahan yang aman dapat menyehatkan wajah, terhindar dari flek dan jerawat," ungkapnya.

Cantik tanpa bedak caranya cukup mudah. Aplikasikan day cream yang mengandung tabir surya untuk melindungi wajah sepanjang hari dari sinar matahari, debu, kotoran dan radikal bebas. Selain itu, gunakan kosmetik yang oil free dan non-comedogenic agar kulit wajah tetap sehat sepanjang hari dan seterusnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement